Respon yang benar terhadap kesulitan

Respon yang benar terhadap kesulitan

BACAAN HARI INI
1 Samuel 18:5-27

RHEMA HARI INI
1 Samuel 18:25 Kemudian berkatalah Saul: “Beginilah kamu katakan kepada Daud: Raja tidak menghendaki mas kawin selain dari seratus kulit khatan orang Filistin sebagai pembalasan kepada musuh raja.” Saul bermaksud untuk menjatuhkan Daud dengan perantaraan orang Filistin.

Kesulitan hidup atau tantangan berat tak selalu berarti celaka. Dalam bacaan hari ini, kita dapat melihat bagaimana Saul membenci Daud dan hendak menghancurkannya. Berulang kali, Saul melancarkan akal liciknya. Daud diangkat menjadi pemimpin seribu prajurit, dan ditugaskan ke garis depan untuk bertempur langsung dengan bangsa Filistin. Namun, bukan kematian yang menimpa Daud, melainkan kemenangan besar dalam setiap pertempuran. Bangsa Israel pun terkagum-kagum. Berikutnya, Saul menggunakan putrinya sebagai umpan. Ia menawarkan anaknya menjadi isteri Daud, dengan emas kawin seratus kulit khatan orang Filistin. Daud menerima tantangan itu dan dengan anak buahnya menyerang bangsa Filistin. Bukan hanya seratus, Daud membunuh dan mengambil dua ratus kulit khatan orang Filistin sebagai emas kawin. Bukannya celaka, tetapi nama Daud semakin termasyhur dan Saul pun bertambah gentar pada Daud.

Kuasa Tuhan dan penyertaan-Nya tidak pernah berubah. Dahulu, sekarang, dan sampai selamanya. Kepada orang yang dikasihi-Nya, Tuhan bukan hanya menjaga dan memelihara, lebih dari itu, pembelaan-Nya sungguh luar biasa. Saul mereka-reka hal yang jahat, tetapi Tuhan memutarbalikkan keadaan. Lewat setiap jebakan Saul, justru hidup Daud terus naik level dan membuat bangsa Israel semakin cinta kepadanya.

Ya, menjadi anak Tuhan bukan berarti terhindar dari masalah. Masalah akan selalu ada dalam kehidupan kita. Adalah bijaksana kalau kita selalu siap setiap saat, hidup dekat Tuhan, mengandalkan-Nya, dan mempercayai Dia selalu ada bersama kita. Masalah boleh datang, tetapi bersama Tuhan, kita akan mengatasi masalah, dan kita akan muncul sebagai pemenang. Semakin sulit masalah kita, semakin besar kemenangan yang kita akan peroleh, dan Tuhan akan membawa kita naik pada level yang lebih tinggi lagi. Amin.

RENUNGAN
PERKARA SULIT dan SANGAT BERISIKO bisa menjadi LOMPATAN BESAR yang membawa kita pada LEVEL LEBIH TINGGI dalam kehidupan kita

APLIKASI
1. Adakah perkara sulit yang besar risikonya yang tengah Anda alami saat ini? Bagaimana reaksi Anda?
2. Mengapa Anda tidak perlu takut dan kuatir pada permasalahan besar yang kini tengah Anda hadapi?
3. Bagaimana seharusnya Anda meresponi kesulitan dalam hidup Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu ada dalam hidup kami, menyertai kami untuk menghadapi setiap hal-hal sulit yang kami hadapi. Kami mau menghadapi segala hal bersama-Mu, ya Bapa. Kami tahu, hanya dengan hikmat dan kekuatan-Mu, setiap masalah akan berubah menjadi mahkota yang membawa kami naik level. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.