Keseimbangan dalam doa dan berusaha

Keseimbangan dalam doa dan berusaha

BACAAN HARI INI
Yakobus 2:14-26

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”

Siang itu hati Eky sedang kesal. Ia melihat tempat usaha tetangga samping rukonya selalu ramai dikunjungi pembeli, sedangkan tokonya sedari pagi sepi. Ia heran, padahal mereka mempunyai usaha sejenis, dagangan yang kurang lebih sama, malah tokonya menjual dengan lebih murah. Eky mulai bersungut-sungut. Ia sudah rajin ke gereja dan mengembalikan persepuluhan, bahkan berdoa setiap hari, tetapi mengapa Tuhan lebih memberkati toko tetangganya, yang pemiliknya tidak kenal Tuhan? Saat Eky menceritakan kegundahannya pada teman komsel yang juga tinggal di lingkungan yang sama, Tuhan menyadarkannya. Ternyata caranya mengelola toko selama ini salah. Meski harga pesaingnya lebih mahal, tetapi mereka rajin berpromosi, baik lewat selebaran maupun media sosial. Mereka pun sering mengadakan program berhadiah yang menarik. Ditambah lagi, pesaing Eky melayani pesan antar. Singkatnya, mereka melakukan semua hal yang dianggap Eky merepotkan.

Sebagai anak Tuhan, kita memang harus berdoa dalam segala hal kepada Tuhan. Bagaimanapun, kemenangan dan kesuksesan memang bersumber dari-Nya. Tuhanlah pemilik segalanya dan berkuasa memberi berkat dan karunia-Nya kepada siapa yang berkenan di hati-Nya. Namun, Tuhan bukanlah Allah yang suka memanjakan anak-anak-Nya. Dia adalah Bapa yang tegas, yang mengajarkan anak-anak-Nya bertanggung jawab atas apa yang telah dan akan Dia berikan.

Sadarilah, bergantung kepada Tuhan bukan berarti berpangku tangan. Mengandalkan Tuhan berarti kita berusaha sungguh-sungguh sambil mengakui bahwa hanya di dalam Dia ada kemenangan dan kemuliaan, baik di bumi maupun di sorga. Bukan karena kekuatan atau kepandaian kita, tetapi Tuhanlah yang memberikan hikmat dan menuntun langkah kita, hingga apa pun yang kita lakukan berhasil. Benar, berdoa keras dan bekerja keras tidak dapat dipisahkan. Lakukan yang terbaik dalam perjuangan kita, maka kita akan menyaksikan kemenangan demi kemenangan yang membawa hidup kita naik ke level kemuliaan yang lebih tinggi.

RENUNGAN
Untuk meraih KEMENANGAN GILANG-GEMILANG, kita butuh BERDOA KERAS dan juga BEKERJA KERAS, tidak bisa hanya salah satunya

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda menjalani hidup selama ini? Apakah Anda lebih berat berdoa atau berjuang?
2. Mengapa Anda tidak dapat memisahkan doa dan perjuangan Anda?
3. Langkah apa yang bisa Anda ambil untuk menyeimbangkan kehidupan doa dan juga perjuangan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa di surga, janganlah kiranya semangat kami kendor dalam bekerja dan berdoa. Sebab kami tahu bahwa tanpa doa, sebaik apa pun pekerjaan kami tidak akan sempurna. Begitu pula tanpa usaha, doa dan iman kami akan menjadi sia-sia. Ajari kami Bapa agar kami tidak turun melainkan terus naik, baik dalam rohani kami maupun pekerjaan kami. Sampai kemuliaan-Mu terpancar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.