Rahasia untuk tetap teguh dalam badai hidup

Rahasia untuk tetap teguh dalam badai hidup

BACAAN HARI INI
Yosua 1:1-9

RHEMA HARI INI
Yosua 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Berat sekali. Tubuh Brian tidak pernah terasa sedemikian berat. Untuk membuka mata saja rasanya begitu sulit. Apalagi mengangkat tubuhnya sendiri. Entah sudah keberapa kalinya ia terkapar di atas tanah. Terpukul telak oleh lawan tinjunya. Setiap kali terhantam dan terjatuh, rasa sakit semakin menyengatnya. Kali ini bukan hanya kesakitan, tetapi kekuatannya seolah menguap hilang. Olok-olok penonton yang memenuhi atmosfer pun melemahkan hatinya. Namun, bayangan trofi kemenangan yang terangkat tinggi di tangannya terlintas dalam benaknya. Tidak. Ia tidak boleh menyerah! Brian membulatkan tekadnya dan menemukan kembali kekuatan untuk kembali berdiri di atas kedua kakinya. Bahkan, meski seluruh tulang dan sendinya seakan-akan hendak lepas dari tubuhnya, ia menyerang lawannya dengan gencar. Ia tak peduli ketika dirinya kembali terjatuh atau pada penonton yang terus mencemoohnya. Sampai pada akhirnya, ia berhasil menjatuhkan lawannya dan penonton berbalik menyoraki kemenangannya.

Hidup kita pun ibarat menghadapi suatu pertandingan. Ada kalanya kita harus menghadapi tantangan yang menghadang hidup kita bagaikan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Persoalan yang seolah melebihi batas kemampuan kita. Lalu, saat kenyataan pahit menggoncang hidup dan kegagalan memukul kita telak, rasanya tak ada jalan selain menyerah.

Namun, seperti yang Tuhan katakan kepada Yosua saat ia menggantikan Musa memegang tongkat kepemimpinan bangsa Israel, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu!” Perkataan yang diulang sampai tiga kali ini mengisyaratkan betapa penting dan seriusnya hal tersebut. Sebab Tuhan tahu, ketika hati kita goyah dan melemah, kita pun akan kehilangan daya juang dan hanya kekalahan yang menanti kita. Karena itu, arahkan pandangan kita melampaui “puncak gunung” di hadapan kita kepada Tuhan yang kuasa-Nya jauh melebihi gunung-gunung terbesar dan tertinggi sekalipun. Dia akan membawa kita melampaui semua kesukaran kita dan menyatakan kemuliaan-Nya yang membawa kita ke level yang lebih tinggi dalam hidup ini. (MV.L)

RENUNGAN
Rahasia untuk TETAP TEGUH ketika menghadapi BANYAKNYA TANTANGAN adalah terus-menerus MENGUATKAN dan MENEGUHKAN HATI

APLIKASI
1. Adakah kesulitan atau tantangan yang rasanya terlalu sukar bagi Anda saat ini? Bagaimana Anda menghadapinya?
2. Mengapa Anda perlu belajar untuk terus-menerus menguatkan dan meneguhkan hati?
3. Bagaimana Anda dapat menguatkan dan meneguhkan hati Anda di tengah kesukaran Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu ada bagi kami, menyokong kami. Di saat kami terjatuh, Kau tak pernah membiarkan kami jatuh tergeletak. Tuhan, kami tidak ingin lagi berkecil hati menghadapi segala tantangan hidup kami. Berikan kami hikmat dan kekuatan, selagi kami terus belajar menguatkan dan meneguhkan hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Source https://gbika.org/site/rahasia-untuk-tetap-teguh-dalam-badai-hidup/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.