Kunci Untuk Hidup Dengan Hikmat Allah

Kunci Untuk Hidup Dengan Hikmat Allah

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:5-9

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5a Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.

“Seberapa banyakkah uang yang cukup?” Suatu kali, orang terkaya di Amerika sepanjang sejarah, John D. Rockefeller, ditanyai dalam sebuah wawancara. Ia pun menjawab, “Satu dollar lebih lagi.” Pernyataannya ini merepresentasikan isi hati banyak orang di sepanjang masa. Bukankah kita pun selalu menginginkan ‘sedikit lebih banyak lagi’? Pun ketika kita memiliki lebih banyak dibandingkan hari kemarin, entah kenapa rasanya tidak pernah cukup. Saat kita menghasilkan lebih banyak, keinginan untuk memiliki yang lebih baik pun mengikuti. Selalu ada ponsel yang lebih baru, baju yang lebih modis, mobil yang lebih keren, atau restoran yang lebih tren. Pada akhirnya, kita terjebak dalam pengejaran akan uang yang tak ada habisnya. Bahkan, kalau pengeluaran kita lebih besar dari pemasukan, kita bisa tersandung pada jerat hutang.

Itu sebabnya, firman Tuhan mengingatkan kita untuk mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita. Syukuri apa yang kita miliki saat ini. Ketika kita memenuhi hati dengan ucapan syukur, mata kita pun akan terbuka. Kita akan menyadari bahwa di tengah kesulitan maupun kekurangan kita, Tuhan tidak pernah sekali pun membiarkan atau meninggalkan kita. Penyertaan dan pemeliharaannya selalu ada. Sebab Dialah Penolong sejati kita, dan kita tidak perlu takut lagi akan hari depan.

Keyakinan kuat kepada Tuhan akan mengalirkan ketenangan pada jiwa dan damai sejahtera di hati kita. Hanya saat itulah, kita bisa mendengar suara Tuhan dengan lebih jelas dan menangkap petunjuk-Nya. Kita tidak lagi akan menjalani hidup mengikuti hikmat dunia atau pemikiran kita sendiri, tetapi menuruti hikmat Tuhan. Ya, di mana pun posisi hidup kita saat ini, entah kita berkecukupan atau berkekurangan, bangkit bekerja dan berkaryalah. Jangan takut, sebab Tuhan sendirilah yang akan memimpin kita langkah demi langkah, sampai kelimpahan datang dan terang kemuliaan Tuhan terbit atas hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Salah satu kunci untuk hidup dengan HIKMAT ALLAH adalah memiliki RASA CUKUP.

APLIKASI
1. Apakah yang menghalangi Anda memiliki rasa cukup?
2. Mengapa Anda perlu memiliki rasa cukup?
3. Bagaimana Anda bisa memiliki rasa cukup dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tak pernah membiarkan maupun meninggalkan kami sekali pun juga. Tak peduli apa pun yang kami alami, kami percaya hidup kami aman dalam kendali-Mu. Seberapa pun yang kami miliki, kami percaya semua itu cukup bagi kami, karena Engkau tidak pernah kurang memberkati kami. Berikan kami hikmat untuk dapat mengelola berapa pun berkat yang Engkau berikan, sehingga kami boleh menerima kepercayaan yang lebih besar dari-Mu dan menjadi terang yang lebih bersinar bagi sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.