Berserah Sepenuhnya Pada Roh Kudus

BACAAN HARI INI
Galatia 2:16-20

RHEMA HARI INI
Galatia 2:20a namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.

“Saya hanya mau melayani ke tempat di mana orang lain tidak mau melayani dan masuk ke tempat di mana orang lain belum pernah dan tidak mau masuk,” kata Jim Yost, seorang misionaris asal Amerika. Sebelum bertobat, ia sempat terjerat obat bius dan meringkuk dalam penjara. Ketika Jim sudah bertobat dan sedang belajar di sekolah Alkitab, Tuhan menaruh kerinduan untuk menjadi misionaris di hatinya. Pada tahun 1977, Tuhan pun menuntunnya ke tempat yang tak terbayangkan olehnya. Ke pedalaman Papua yang sering disebut sebagai ujung bumi. Di tahun-tahun awal saat Jim dan istrinya melayani, hampir setiap minggu mereka menyaksikan perang antar suku. Belum lagi kendala bahasa, makanan, budaya asing dan entah sudah berapa kali Jim terserang malaria. Selain itu, tidak ada satu pun orang yang mereka injili mau menerima Yesus.

Jim dan istrinya kerap merasa sendirian karena tidak ada yang memperhatikan dan mendukung saat mereka berputus asa dalam pelayanan. Yang bisa mereka lakukan hanyalah bergantung dan berserah sepenuhnya kepada Tuhan. Suatu hari, ada anak kecil yang tenggelam di sungai dan sudah tidak bernyawa lagi ketika ditemukan. Kemudian Jim berdoa dan mujizat pun terjadi. Anak itu hidup kembali. Melihat keajaiban kuasa Tuhan, seluruh kampung akhirnya percaya kepada Yesus dan dibaptis.

Saat kita mau menyerahkan seluruh kenyamanan, keinginan, kehendak, waktu, pikiran, dan rencana kepada Tuhan, maka seluruh hidup kita pun akan mulai menyatu dengan-Nya. Semakin kita menyatu dengan Tuhan, Roh Kudus yang memenuhi diri kita akan mengambil alih kendali hidup kita dan berkarya melalui kita. Dengan demikian, kita bukan hanya akan mengalami hidup dalam tuntunan-Nya setiap saat, tetapi kita juga bisa menjadi jawaban bagi sesama, bagi jiwa-jiwa untuk diselamatkan dalam nama Yesus.

RENUNGAN
Sejauh PENYERAHAN DIRI kita pada Roh Kudus, sejauh itu Dia akan MEMENUHI HIDUP dan MEMPROSES kita untuk manunggal dengan-Nya

APLIKASI
1. Apakah hidup Anda sudah menyerahkan hidup sepenuhnya pada Roh Kudus?
2. Apa yang akan terjadi ketika Anda menyerahkan diri Anda kepada Roh Kudus?
3. Bagaimana cara untuk bisa hidup manunggal dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih Tuhan untuk belas kasihan-Mu yang besar atas hidup kami. Terima kasih karena Engkau selalu rindu supaya hidup kami terus melekat erat kepada-Mu. Mampukan setiap kami untuk bisa hidup lebih dekat dengan Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Thessalonians
John 20-21

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.