Semua bagian sama pentingnya

BACAAN HARI INI

1 Korintus 12:14-26

RHEMA HARI INI

1 Korintus 12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

Jika Anda tinggal di negara empat musim, maka pada musim gugur Anda akan melihat rombongan angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin. Burung-burung itu terbang dengan posisi membentuk huruf “V”, sangat indah dan teratur. Namun, siapa yang menyangka, di balik formasi mengagumkan itu ada sebuah relasi yang tak kalah indahnya. Setiap kepakan sayap yang dibuat burung yang terbang di depan memberikan “daya dukung” bagi burung di belakangnya. Angsa yang berada paling depan berfungsi sebagai pemimpin. Jika pemimpinnya lelah, ia akan terbang berputar ke bagian paling belakang, dan otomatis posisinya digantikan oleh angsa lain. Jika ada angsa yang terluka, maka akan ada satu atau dua ekor angsa lain yang menemaninya turun. Saat angsa yang sakit itu mampu melanjutkan perjalanan, mereka segera menyusul atau bergabung dengan rombongan lain.

Hal tersebut menunjukkan, jika setiap anggota menyadari dan benar-benar melakukan apa yang menjadi bagiannya, pasti akan ada keselarasan yang indah dan kebahagiaan di dalamnya. Hal itu juga berlaku dalam keluarga. Sadarkah Anda bahwa setiap anggota dalam keluarga Anda memiliki sebuah peranan yang sudah diatur oleh Sang Sutradara Agung, yaitu Tuhan sendiri? Peran yang kalau dijalankan dengan baik, maka hal-hal indah dan luar biasa akan terjadi dalam keluarga Anda. Tidak ada seorang anak yang boleh dianggap lebih rendah dari anak yang lainnya. Tidak juga suami atau istri yang bisa begitu saja melimpahkan tanggung jawab perannya kepada satu sama lain, atau bahkan orang lain.

Mungkin di mata Anda, Anda sudah melakukan bagian Anda dengan baik. Namun, Anda tetap perlu meminta Roh Kudus untuk mengingatkan, membukakan pengertian dan memberikan Anda kekuatan; supaya Anda bisa lebih lagi memberikan yang terbaik bagi keluarga Anda. Percayalah, jika Anda terus mau membuka hati untuk perubahan, maka Roh Kudus akan semakin berkarya dalam diri Anda. Kebahagiaan dan berkat Tuhan pun makin dinyatakan dalam kehidupan keluarga Anda. Haleluya!

RENUNGAN

Kunci KEBAHAGIAAN DALAM KELUARGA adalah menyadari bahwa setiap anggota keluarga MEMILIKI PERAN YANG HARUS KITA JALANKAN

APLIKASI

  1. Apa yang sudah Anda lakukan untuk memenuhi peran Anda dalam keluarga Anda?
  2. Adakah tanggung jawab yang sampai sekarang masih sulit Anda lakukan?
  3. Apa komitmen Anda supaya semakin menjadi pribadi yang benar-benar menghidupi peranan Anda bagi keluarga?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas keluarga yang sudah Kau anugerahkan bagi kami. Ajari kami untuk mensyukuri dan benar-benar mengerti, bahkan menghidupi peranan kami bagi keluarga kami, apa pun itu. Kami perlu kekuatan-Mu, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Korintus 1-4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.