Meraih kemenangan besar bersama Tuhan.

BACAAN HARI INI

Hakim-Hakim 6:3-23

RHEMA HARI INI

Hakim-Hakim 6:12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: “TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.”

Pada mulanya, masing-masing dari kita pasti mempunyai mimpi yang ingin kita capai. Akan tetapi, seberapa banyak dari kita yang tetap bertahan dengan mimpi itu? Seiring berjalannya waktu dan datangnya badai persoalan hidup, sering kali kita merasa takut dan tidak mampu. Iman kita pun melemah. Sehingga banyak dari kita yang justru memilih untuk memperkecil kapasitas mimpi kita. Hal inilah yang Gideon alami. Ketika Malaikat Tuhan tampil di hadapannya, ia adalah pribadi yang pengecut dan pesimis. Ia sangat memandang kecil dirinya sendiri. Bahkan, ia meragukan penyertaan Tuhan yang dapat membebaskan bangsanya dari orang Midian. Namun, Tuhan memanggilnya sebagai “pahlawan yang gagah berani”. Tuhan berfirman berkali-kali sampai kepercayaan diri Gideon tumbuh. Gideon pun bangkit dan tercatat sebagai salah satu pahlawan hebat dalam Alkitab.

Ya, hanya firman Tuhanlah yang dapat membangkitkan iman kita (Rm. 10:17).

Sesungguhnya, bukan kekuatan atau kemampuan kita yang Tuhan perlukan untuk membawa kita pada kemenangan, tetapi iman kita. Di masa sekarang ini, yang menjadi lawan kita bukan lagi darah dan daging. Setiap saat Iblis akan berusaha mencari celah untuk mengintimidasi serta melemahkan iman kita (Ef. 6:11-12). Maka dari itu, kita memerlukan iman yang kuat untuk percaya bahwa kita pasti menang sebelum berperang, karena ada Kristus yang tinggal dalam hidup kita (Gal. 2:20).

Ketahuilah, Tuhan tidak membutuhkan panglima perang yang hebat maupun pasukan yang besar jumlahnya. Selama Tuhan menyertai, maka perkara besar pun dapat kita lakukan bersama-Nya. Bagian kita hanyalah berserah sepenuhnya kepada Tuhan dan mempercayakan hidup kita seutuhnya di tangan-Nya. Dengan sungguh-sungguh menaruh iman dan pengharapan kita di dalam Tuhan, maka kita dapat membuka hati sepenuhnya kepada-Nya. Jika kita mengizinkan Tuhan berkuasa penuh atas hidup kita, maka Dia pun akan membangkitkan kita untuk melakukan perkara-perkara besar bersama-Nya. Sehingga melalui kelemahan dan keterbatasan kita sebagai manusia, kuasa Tuhan dinyatakan sempurna, dan nama Tuhan dimuliakan melalui hidup kita. (DJW)

RENUNGAN

Perkataan Tuhan MEMULIHKAN dan MEMBANGKITKAN kita sebagai PAHLAWAN YANG GAGAH BERANI

APLIKASI

  1. Mengapa perkataan Tuhan dapat memulihkan dan membangkitkan kita?
  2. Sudahkah Anda mengetahui apa yang Tuhan katakan tentang diri Anda? Apa sajakah itu?
  3. Apakah yang dapat Anda lakukan untuk membangkitkan iman Anda sehingga bisa menjadi pahlawan yang gagah berani seperti Gideon?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, sebagai manusia kami sangatlah terbatas. Namun, kami tahu, kami mempunyai Tuhan yang tidak terbatas. Ampuni kami kalau selama ini kami berkecil hati. Tolong beri kami kekuatan, ya, Tuhan. Bangkitkanlah iman kami. Sehingga bersama-Mu kami dapat melangkah maju dan berperang merebut kemenangan yang sudah Engkau janjikan. Terima kasih Tuhan.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.