Menemukan damai sejahtera dalam doa

BACAAN HARI INI
Filipi 4:4-9

RHEMA HARI INI
Filipi 4:6-7 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

War Room, kisah inspiratif seorang istri yang memperjuangkan keutuhan keluarganya lewat doa. Cerita diawali dengan sepasang suami istri yang selalu bertengkar kapan pun mereka bertemu. Sampai kemudian si istri bertemu dengan seorang ibu tua yang mengajarinya berdoa dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan. Suatu hari, ia menerima pesan dari temannya yang melihat suaminya berselingkuh. Alih-alih terpancing emosinya, ia segera berdoa. Ia meminta Tuhan mengambil alih kendali hatinya, amarahnya, dan juga untuk menengahi hubungan mereka berdua. Ia menyatakan kebahagiaannya hanya ditemukan dalam diri Yesus, bukan dari pekerjaan, teman-teman, maupun suaminya. Pada akhirnya, persekutuannya dengan Tuhan di ruang doa berhasil menarik suaminya untuk bertobat dan membawa damai sorgawi ke dalam rumahnya.

Di mana pun anak-anak Tuhan berada, mereka pasti mempunyai masalah atau kekuatiran. Tidak jarang, mereka berusaha menyelesaikan persoalan dengan kepandaian dan kekuatannya sendiri. Alhasil, masalah baru muncul. Suasana bertambah keruh, penuh tekanan, bahkan menimbulkan depresi. Damai sejahtera pun hilang. Namun, perlu diingat bahwa sebagai anak Tuhan, kita harus naik ke level yang lebih tinggi untuk menyelesaikan konflik. Seperti sang istri dalam film “War Room”, ia tidak mengonfrontasikannya dengan sang suami secara gegabah. Ia terlebih dahulu datang kepada Tuhan.

Berdoalah, sebab doa mengubah segala sesuatu. Persekutuan intim kita dengan Roh Kudus akan mengubah cara kita melihat segala situasi kita. Kemudian Dia akan mengalirkan damai sejahtera yang melampaui segala akal ke dalam hati kita. Di situlah semua ketakutan dan keraguan sirna. Hati dan pikiran terbuka. Hikmat dari Allah mengalir. Ketika kita dapat menghadapi permasalahan dengan tenang dan seturut kehendak Tuhan, maka semua pergumulan dapat teratasi dengan cara-Nya yang terbaik bagi kita. Berdoalah, bukan hanya untuk diri kita sendiri. Berdoalah demi jiwa-jiwa yang terhilang. Supaya Tuhan pun memakai kita dalam revival yang hendak dikirimkan-Nya ke tengah-tengah kita.

RENUNGAN
BERDOALAH; dalam persekutuan intim, Roh Kudus akan MENGALIRKAN DAMAI SEJAHTERA yang melampaui segala akal dalam hati kita

APLIKASI
1. Apakah damai sejahtera Allah sudah memenuhi hidup Anda atau keluarga Anda? Mengapa?
2. Apa dampak dari seseorang yang hidupnya dipenuhi damai sejahtera Allah?
3. Bagaimana cara mendapatkan damai sejahtera dari Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapaku yang baik, terima kasih untuk Roh Kudus-Mu yang telah mengajar kami untuk berdoa, sehingga damai sejahtera yang melampaui akal pikiran memenuhi kami. Terima kasih Kau bawa kami ke dimensi rohani yang lebih tinggi, sehingga kami dapat berjalan dalam kuasa dan mujizat. Pakailah kami untuk mendatangkan revival-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 17-20

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.