Kemurahan hati seperti Bapa

BACAAN HARI INI
Lukas 6:27-38

RHEMA HARI INI
Lukas 6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

“Buah jatuh tak jauh dari pohonnya,” salah satu peribahasa populer ini menunjukkan pandangan umum bahwa sifat anak tidak jauh berbeda dengan orangtuanya. Kalau ayah atau ibunya berkarakter negatif, maka tidak heran bila anaknya pun berkelakuan buruk. Jika orangtuanya terkenal baik, anaknya pun diharapkan memiliki sifat yang sama. Hal ini terjadi karena selama hidup dengan orangtuanya, seorang anak akan mempelajari nilai-nilai kehidupan dari mereka. Itu jugalah yang Tuhan kehendaki ketika Dia mengadopsi kita sebagai anak-Nya. Bahkan terlebih dari orangtua kita di dunia, Tuhan ingin kita menjadi serupa dengan Bapa di sorga. Seperti dalam ayat rhema hari ini, salah satu karakteristik-Nya yang Dia ingin kita miliki adalah murah hati.

Murah hati yang Tuhan mau kita kembangkan bukanlah kemurahan yang biasa saja, yang memang dalam batas kemampuan kita. Dia ingin kita memberi seperti Dia memberi tanpa menahan-nahan, hanya sebagian, atau sedikit-sedikit. Tuhan memberi dengan segenap hati, lebih dari cukup, bahkan dengan melimpah. Pemberian-Nya adalah pemberian yang agresif. Hal ini pun terlihat dari cara-Nya memberi kita anak-Nya yang tunggal, supaya kita yang percaya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Dengan mati di kayu salib, Dia telah memberikan diri-Nya sendiri beserta segalanya bagi kita. Inilah kemurahan hati Allah yang sangat radikal. Ini teladan yang Tuhan berikan, supaya kita memberikan yang terbaik dari yang terbaik bagi orang lain, terutama bagi Tuhan. Bukan yang ala kadarnya, yang tersisa, atau yang tidak terpakai.

Jangan hanya bermurah hati pada diri sendiri. Belajarlah untuk berani memberi kepada orang lain, khususnya Tuhan, seperti cara Tuhan memberi. Mulailah memperhatikan kebutuhan orang-orang di sekitar kita, bahkan kepada yatim piatu dan orang-orang jompo. Berikan waktu, tenaga, pikiran, dan talenta kita saat terlibat dalam pelayanan. Percayalah, kemurahan hati seperti Bapa, yang disertai tindakan nyata, jika benar-benar dipraktikkan akan membawa kebangkitan rohani bagi kita semua.

RENUNGAN
Teladanilah MODEL KEMURAHAN HATI ALLAH yang AGRESIF, DINAMIS, dan RADIKAL

APLIKASI
1. Apakah Anda menyadari betapa murah hatinya Bapa pada kita? Kemurahan apa saja yang sudah Anda terima dalam hidup Anda?
2. Sudahkah Anda mengutamakan kebutuhan orang lain di atas kepentingan Anda sendiri? Saat memberi apakah Anda memberikan yang terbaik?
3. Tindakan nyata apa yang akan Anda lakukan untuk belajar bermurah hati yang radikal?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, oleh sebab kemurahan hati-Mu saja, kami bisa seperti sekarang ini. Ajarilah kami supaya bisa memiliki kemurahan hati seperti-Mu, ya, Bapa. Ajarlah kami berani memberikan yang terbaik dari kami bagi orang lain, terlebih bagi Engkau, agar dalam setiap tindakan, kami dapat menjamah hati setiap orang dan mereka bisa melihat betapa besar kemurahan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yosua 19-21

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.