Berkat sejati dalam keluarga yang bahagia

Berkat sejati dalam keluarga yang bahagia

BACAAN HARI INI
3 Yohanes 1:1-8

RHEMA HARI INI
3 Yohanes 1:4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Selama masa resesi, banyak keluarga tidak sanggup membeli kebutuhan pokok, apalagi bertukar kado Natal. Demikian pula halnya dengan keluarga seorang anak laki-laki berusia enam tahun bernama Pete. Namun, ayahnya mengajak ia dan ibunya untuk menggambarkan hadiah-hadiah yang ingin mereka berikan kepada yang lainnya dalam acara tukar kado keluarga. Saat pagi Natal tiba, mereka pun duduk berkeliling di meja makan. Alangkah hebat hadiah-hadiah yang mereka siapkan. Sang ayah mendapatkan mobil limusin hitam yang mengkilap serta sebuah perahu merah. Ibu mendapatkan gelang berlian dan topi baru. Pete pun mendapatkan sebuah kolam renang dan sejumlah mainan. Semua barang-barang itu hanya berupa gambar dan guntingan majalah. Lalu tibalah giliran Pete untuk memberikan hadiah kepada orangtuanya. Dengan antusias ia menyerahkan gambar krayon hasil karyanya. Tampak pria, wanita, dan seorang anak kecil saling berangkulan. Di bawah gambar itu tertulis satu kata: Kita.

Kisah ini mengingatkan kepada kita, kekayaan memang penting untuk mencukupi kebutuhan hidup kita dan juga keluarga. Namun, memiliki berkat materi berlebih tidak menjamin kita bisa merasakan suasana sorga di tengah keluarga. Cobalah lihat sekeliling kita. Seberapa banyak orang-orang yang memiliki kekayaan melimpah, tetapi pernikahannya tidak bahagia, hidup anak-anak mereka berantakan, dan rumah tangga mereka hancur. Belum lagi drama perebutan harta antara saudara.

Percuma saja jika kita mendapatkan tuaian besar, tetapi keluarga kita terpecah belah. Hal ini tentu bukanlah kehendak Tuhan bagi setiap kita. Bagaimanapun, Tuhan memberikan kita kecukupan sebagai sarana untuk menyatakan kasih antar anggota keluarga, memberi kejutan yang menyenangkan, serta merealisasikan impian dan harapan dalam keluarga. Ya, berkat sejati dari Tuhan bukanlah kekayaan yang hampa, tetapi justru dapat memperkaya kebahagiaan keluarga. Kebahagiaan yang kita bagi bersama-sama dengan keluarga inilah yang akan membawa sorga turun ke bumi dalam rumah kita.

RENUNGAN
KELUARGA YANG BAHAGIA akan membuat kekayaan kita terasa seperti SORGA DI BUMI

APLIKASI
1. Bagaimanakah kondisi keluarga Anda saat ini?
2. Mengapa keluarga yang bahagia dapat membuat harta yang Anda dapatkan seperti sorga di bumi?
3. Bagaimana Anda dapat mengusahakan suasana sorga di bumi dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk keluarga yang telah Engkau berikan kepada kami. Berikan kami hati yang penuh kasih seperti-Mu, agar kami dapat mempergunakan berkat yang kami terima dari-Mu untuk mendatangkan sorga di bumi dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.