Membuat perencanaan keuangan yang baik

Membuat perencanaan keuangan yang baik

BACAAN HARI INI
Amsal 24:3-14

RHEMA HARI INI
Amsal 24:6a Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang

“Rencanaku adalah go with the flow, ikuti saja arus hidup. Tuhan tidak akan salah menuntun kita, kok,” kata seorang pemuda ketika komselnya sedang sharing tentang perencanaan keuangan dan masa depan. Konsep “go with the flow” atau “mengikuti arus” ini sudah cukup lama beredar di sekeliling kita. Untuk sekilas, pemikiran ini tampak baik, karena mengajarkan kita untuk tidak terlalu tegang menghadapi situasi hidup dan agar kita tidak terjebak dalam rutinitas sehari-hari. Hanya saja, kita tidak dapat menerapkan konsep ini untuk hal-hal besar. Kehidupan orang Kristen bukanlah kehidupan acak tanpa tujuan. Pun berjalan dalam tuntunan Tuhan bukanlah serangkaian tindakan atau keputusan spontan yang kita buat dari waktu ke waktu.

Hidup tanpa perencanaan tidak ubahnya seperti pergi ke tempat yang jauh tanpa bantuan peta, sehingga besar kemungkinan kita akan tersesat. Dalam Alkitab, kita pun jelas-jelas diperingatkan bahayanya hidup “mengikuti arus”. Tanpa pemikiran matang, hidup maupun keuangan kita bagaikan mendirikan bangunan tanpa merencanakan anggaran biayanya, atau maju ke medan peperangan tanpa strategi. Pada akhirnya, pembangunan kita bisa berhenti di tengah jalan, dan kita pun mengalami kekalahan besar (Luk 14:28-32).

Fiman Tuhan juga mengatakan, “Rencana orang rajin membawa kelimpahan; tindakan tergesa-gesa mengakibatkan kekurangan” (Ams. 21:5 BIS). Hal ini berarti kita perlu membuat perencanaan keuangan yang baik. Kemudian yang terpenting, supaya rencana kita berhasil, kita perlu meminta petunjuk Tuhan (Ams. 15:22). Sebab tidak ada Konsultan Keuangan yang lebih baik daripada Tuhan Yesus sendiri. Mintalah hikmat untuk dapat menganggarkan, berapa banyak yang harus kita kembalikan kepada-Nya, berapa yang bisa kita pakai untuk kebutuhan kita, untuk ditabung dan diinvestasikan, juga untuk ditaburkan sebagai berkat. Inilah satu-satunya “arus” yang boleh kita ikuti. Prinsip hidup yang Tuhan tentukan, agar kita dapat menikmati hidup di bawah Sorga Terbuka.

RENUNGAN
Mintalah PETUNJUK TUHAN dan buatlah PERENCANAAN KEUANGAN YANG BAIK, sebab hanya RENCANA YANG DIBERKATI TUHAN yang akan berhasil

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda mengelola atau merencanakan keuangan Anda selama ini?
2. Mengapa Anda perlu membuat perencanaan keuangan dan terlebih lagi meminta petunjuk Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang baik seturut kehendak Tuhan? Mulailah menuliskan langkah-langkahnya!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami menyadari selama ini kami masih belum merencanakan keuangan kami dengan baik. Berikan kami hikmat dan bimbing kami, agar kami dapat mengelola setiap berkat yang Engkau percayakan, sehingga kehidupan kami pun boleh menjadi kesaksian hidup bagi kemuliaan-Mu dan menjadi berkat bagi banyak orang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.