Mendengarkan didikan orangtua

Mendengarkan didikan orangtua

BACAAN HARI INI
Amsal 1:1-9

RHEMA HARI INI
Amsal 1:8-9 Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu, sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

Apakah yang akan Anda lakukan terhadap tas berisi seratus ribu dolar Amerika? Seorang anak bernama Seada yang sedang menemani ibunya yang sakit keras menemukan tas itu di koridor Rumah Sakit. Meski mereka sangat miskin dan membutuhkan uang, ibu Seada menyuruh putrinya menunggu pemiliknya dan berkata, “Yang harus kita lakukan dalam hidup ini adalah membantu orang lain, dan hal yang paling tidak patut kita lakukan adalah serakah dengan harta yang tak jelas asal-usulnya.” Tak lama kemudian, sepasang suami istri Anderson yang memiliki tas itu datang. Saat ibu Seada tak terselamatkan, mereka pun mengadopsi Seada. Sambil terus mengingat ajaran ibunya, Seada tumbuh menjadi wanita dewasa yang cerdas dan berintegritas. Tak disangka, ketika Pak Anderson meninggal dunia, ia mewariskan semua harta dan asetnya kepada Seada, bukan kepada putranya sendiri. Dalam surat wasiatnya, ia menjelaskan bahwa keberadaan Seada selalu mengingatkannya untuk berbisnis secara jujur dan karena itulah perusahaannya berkembang sedemikian besar. Ia percaya, di tangan Seadalah, perusahaannya bisa semakin gemilang.

Sebagai anak-anak, terkadang kita sulit mematuhi orangtua kita. Bahkan untuk hal-hal sederhana seperti untuk belajar, mengerjakan tugas rumah, mengalah kepada saudara, atau meminta maaf ketika kita melakukan kesalahan. Namun, kita perlu mengingat bahwa orangtua selalu menginginkan yang terbaik bagi kita. Setiap nasihat dan perintah mereka pastilah bertujuan membentuk karakter kita untuk menjadi lebih baik.

Seperti Seada, yang menuruti nasihat bijak ibunya, berkat pun menanti ketika kita mau mendengarkan ayah dan ibu kita. Ini adalah janji firman Tuhan. Saat kita belajar tunduk pada setiap perintah yang sederhana, kita juga akan menuruti setiap ajaran baik dari orangtua kita. Semua itulah yang mendatangkan perkenanan Tuhan dan Dia sendiri yang akan menghiasi hidup kita dengan karangan bunga kehormatan dan kalung kemegahan. Kita pun akan mengalami Great Harvest dalam hidup kita. Amin.

RENUNGAN
DENGARKAN DIDIKAN AYAH dan JANGAN SIA-SIAKAN AJARAN IBU, maka Tuhan menjanjikan KEHORMATAN DAN KEMEGAHAN dalam hidup kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mendengarkan didikan dan ajaran orangtua Anda? Mengapa?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda mendengarkan didikan dan ajaran orangtua Anda?
3. Bagaimana Anda dapat lebih lagi belajar untuk mendengarkan mereka?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami belum menjadi anak yang baik. Kami mau belajar mematuhi orangtua kami, sesulit apa pun itu bagi kami. Biarlah ketika kami melakukan semua itu, kami mengingat bahwa kami melakukannya bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.