Awal dari kehidupan yang berkemenangan

Awal dari kehidupan yang berkemenangan

BACAAN HARI INI
Kolose 1:3-12

RHEMA HARI INI
Kolose 1:10 sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah.

Ada sebuah cerita tentang keluarga bangsawan yang mengalami kecelakaan ketika pesawat pribadi mereka tumpangi jatuh di hutan. Suami-istri itu baik-baik saja, hanya mengalami luka-luka ringan di beberapa bagian tubuh mereka. Namun, tidak dengan anak semata wayangnya yang masih kecil. Ternyata ketika pesawat itu terjatuh, si anak terpental keluar dari badan pesawat. Selama berbulan-bulan, tim regu penolong menyusuri setiap pelosok hutan untuk mencari anak tersebut, tetapi tidak juga menemukannya. Sampai akhirnya mereka menganggap bahwa anak itu sudah meninggal.

Belasan tahun telah berlalu. Sekelompok ilmuwan sedang mengerjakan suatu karya ilmiah di hutan itu. Tanpa sengaja, mereka bertemu dengan seorang wanita muda yang aneh. Ya, aneh karena ia adalah seorang manusia, tetapi gerak-geriknya tampak seperti gorila. Ia pun hidup bergerombol bersama kawanan gorila lainnya. Karena keheranan, para ilmuwan itu pun memutuskan untuk menyelidikinya. Singkat cerita, akhirnya mereka menemukan fakta bahwa wanita itu adalah anak bangsawan yang hilang belasan tahun yang lalu.

Seperti cerita di atas, meski wanita muda itu adalah seorang keturunan bangsawan, tetapi hal itu tidak serta-merta menjadikannya berperilaku layaknya bangsawan. Karena sejak kecil dirawat dan dibesarkan oleh sekawanan gorila, ia pun tumbuh seperti seekor gorila. Sama seperti kita, meskipun kita adalah anak Raja di atas segala raja, hal itu tidak serta-merta membuat kita hidup berkemenangan. Iman kita pun tak langsung sekuat baja. Untuk dapat menjadi pemenang, kita harus membangkitkan Roh yang besar yang ada di dalam kita. Untuk itu dibutuhkan keputusan dan tekad yang kuat untuk mau berjuang menjalani proses pertumbuhan yang tentu saja tidak akan mudah. Namun, ketika kita sudah bisa bertumbuh menjadi raksasa rohani, maka kita pun akan dapat dipakai Tuhan untuk melakukan perkara-perkara besar.

RENUNGAN
Kehidupan yang BERKEMENANGAN diawali dengan keputusan untuk memperhatikan pertumbuhan rohani kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memperhatikan pertumbuhan rohani Anda? Bagaimanakah pertumbuhan rohani Anda selama ini?
2. Mengapa Tuhan ingin agar kita bisa menjadi raksasa-raksasa rohani?
3. Menurut Anda, bagaimana caranya agar manusia roh kita dapat bertumbuh sebagaimana mestinya seperti yang Tuhan kehendaki?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami kalau kami sering kali kurang memperhatikan manusia rohani kami. Kami mau belajar melangkah masuk dalam proses-Mu, ya Bapa. Kami mau tumbuh menjadi raksasa rohani sehingga dapat Engkau pakai melakukan perkara-perkara yang besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.