Kehidupan doa yang salah

Kehidupan doa yang salah

BACAAN HARI INI
Yakobus 4:1-10

RHEMA HARI INI
Yakobus 4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Udin adalah seorang karyawan yang sangat aktif dalam pelayanan gereja. Ia juga sangat tekun dalam berdoa. Ia percaya, jika ia melayani dan berdoa siang malam, Tuhan akan memperhatikan setiap kebutuhan dan kerinduannya untuk naik jabatan. Setiap selesai kerja, ia hanya pulang ke rumah untuk numpang mandi dan makan, kemudian pamit kepada istrinya untuk pelayanan. Ia juga sering bolos kerja demi mendoakan orang sakit. Suatu hari, hal yang tidak diharapkan terjadi atas hidupnya. Alih-alih mendapat kenaikkan jabatan, Udin malah dipecat dari perusahaannya. Selang beberapa waktu, istrinya juga minta cerai karena merasa tidak diperhatikan. Udin pun protes kepada Tuhan, “Aku sudah rajin berdoa dan melayanimu Tuhan, tetapi mengapa justru kejadian buruk menimpa hidupku?”

Mungkin gambaran hidup Udin sekilas mirip dengan pergumulan kita saat ini. Kita merasa sudah rajin berdoa dan memberi yang terbaik bagi Tuhan, tetapi mengapa doa kita seolah-olah tidak dijawab. Bahkan hal yang tidak diharapkan yang harus kita terima. Sebagai anak Tuhan, ketekunan Udin untuk berdoa dan melayani patut diacungi jempol. Namun, Tuhan melihat jauh ke dalam hati. Tindakan yang disertai motivasi untuk memuaskan hawa nafsu atau kepentingan pribadi tidaklah berkenan di hati Tuhan. Tidak hanya itu, ketidakseimbangan kita dalam menjaga kualitas pelayanan, pekerjaan, dan hubungan dengan orang-orang di sekitar kita juga bisa menjadi penghalang doa-doa kita.

Hari-hari ini, jika ada di antara kita yang doanya tidak kunjung dijawab, mari kita introspeksi diri. Mungkin landasan kehidupan doa kita ada yang salah, sehingga doa kita tidak memiliki kuasa yang membuahkan mujizat. Jika kita diingatkan Tuhan akan dosa-dosa kita, segeralah bertobat, sehingga kita boleh memiliki kehidupan doa yang penuh kuasa dan kita boleh bertumbuh menjadi raksasa rohani yang menuntun banyak jiwa datang pada Tuhan.

RENUNGAN
KEHIDUPAN DOA YANG SALAH membuat doa kita TIDAK MEMIIKI KUASA yang membuahkan mujizat

APLIKASI
1. Apakah Anda memiliki doa-doa yang tidak kunjung dijawab oleh Tuhan?
2. Adakah kehidupan doa Anda yang salah, yang membuat doa Anda tidak memiliki kuasa yang membuahkan mujizat?
3. Hari-hari ini, adakah Tuhan mengingatkan Anda akan suatu hal yang perlu diperbaiki dalam hidup Anda, lalu apa upaya Anda untuk memperbaiki kehidupan doa Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkau sungguh baik. Engkau tidak hanya mengasihi kami, tetapi Engkau merindukan kami menjadi raksasa rohani seperti Yesus. Ajar kami dan ingatkan kami, jika ada kehidupan doa kami yang salah, yang membuat doa kami tidak memiliki kuasa yang membuahkan mukjizat, sehingga kami pun dapat segera memperbaikinya. Terima kasih, Tuhan, atas kasih setia-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.