Tahap awal berakar dalam firman

Tahap awal berakar dalam firman

BACAAN HARI INI
Roma 10:16-21

RHEMA HARI INI
Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Setelah suaminya dipanggil Tuhan, Ibu Lili harus berjuang membesarkan anak-anaknya seorang diri. Bukan hanya menjadi ibu, tetapi sekaligus menjadi bapak bagi anak-anaknya. Berjuang membesarkan anak seorang diri tanpa pendamping tentu tidaklah mudah. Sedih, lelah, dan cemas pun sering mewarnai hari-hari Bu Lili. Namun, di tengah semua kekalutannya, ia tidak pernah menyerah mencari Tuhan.

Setiap pagi, setelah bangun tidur, sebelum memulai aktivitas sehari-hari, Bu Lili memiliki kebiasaan membaca firman Tuhan. Bukan hanya dibaca saja, tetapi juga direnungkan, dan terkadang dibagikan dan didiskusikan dengan anak-anaknya. Ia pun sering mengikuti Pendalaman Alkitab dan sharing firman berkelompok di lingkungannya. Bagi Bu Lili, dengan membaca firman Tuhan setiap hari, ia memperoleh kekuatan dalam menghadapi hari-harinya. Permasalahan boleh datang dalam hidupnya, tetapi itu tidaklah menyurutkan rasa percayanya kepada Tuhan Yesus. Justru iman serta pengharapannya kepada Tuhan semakin dikuatkan. Demikianlah Bu Lili berhasil melewati masa-masa sulit dalam perjalanan kehidupannya.

Tuhan Yesus pun ingin setiap kita banyak membaca atau mendengar firman. Seperti tubuh jasmani memerlukan makanan jasmani, tubuh rohani kita juga membutuhkan makanan rohani. Salah satu cara memperoleh makanan rohani adalah dengan mendengar atau membaca firman. Itulah yang menjadi tahap awal untuk berakar dalam firman. Kalau kita ingin kuat menghadapi tantangan maupun permasalahan hidup, kita harus banyak membaca atau mendengar firman. Dengan demikian, hidup kita akan dibangun, roh kita akan dikuatkan, dan Tuhan akan memberi kemenangan demi kemenangan kepada kita. Jangan beri celah kepada iblis yang membuat kita malas membaca atau mendengar firman. Ambillah komitmen untuk selalu meluangkan waktu membaca atau mendengar firman. Sehingga kita akan menjadi pribadi yang berakar kuat dalam firman dan bisa menjadi raksasa rohani yang selalu berkemenangan. (LEW)

RENUNGAN
Tahap awal untuk BERAKAR DALAM FIRMAN adalah BANYAK MENDENGAR atau MEMBACA FIRMAN

APLIKASI
1. Sudahkah Anda membaca atau mendengar firman secara rutin setiap hari? Apa saja yang menjadi penghambat Anda bisa membaca atau merenungkan firman Tuhan setiap hari?
2. Mengapa Anda perlu berakar dalam firman?
3. Apa komitmen Anda supaya Anda bisa berakar kuat dalam firman ?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau mengingatkan kami supaya kami banyak mendengar dan membaca firma-Mu. Mampukanlah kami, ya Tuhan, agar kami semakin berakar kuat dalam firman. Sehingga kami bisa menjadi raksasa rohani yang selalu mengalami kemenangan-kemenangan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.