Penghalang besar bagi pertumbuhan rohani

Penghalang besar bagi pertumbuhan rohani

BACAAN HARI INI
1 Tesalonika 5:5-18

RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5:13b Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.

Jenderal Robert E. Lee ditanya oleh Presiden Konfederasi, Jefferson Davis, tentang pendapatnya menyangkut seorang pejabat tertentu. Lee menjawab dengan laporan yang positif tentang pejabat tersebut. Salah seorang pejabat yang hadir dalam pertemuan tersebut tertegun dengan jawaban itu. Ia kemudian bertanya kepada Lee, “Jenderal, tidak tahukah Anda bahwa orang yang demikian Anda banggakan itu sebenarnya adalah seorang musuh yang sangat buruk? Ia tidak pernah melewatkan peluang untuk menjelek-jelekkan Anda!” “Saya tahu itu,” kata Lee, “tetapi Presiden menanyakan pendapat saya tentang dia, bukan menanyakan pendapatnya tentang saya. Saya tidak merasa punya konflik dengan dia, kalau dia merasa punya konflik dengan saya, itu bukan urusan saya, kan?”

Jenderal Lee tidak mudah berkonflik dengan orang lain, karena itu ia bisa mengemukakan pendapatnya tentang orang lain dengan jujur, tanpa tendensius, atau kesan menjelek-jelek kan orang lain. Dengan kata lain, ia selalu memilih untuk mengasihi di atas segalanya. Ini adalah karakter yang membuat karier Lee naik level menjadi jenderal kepercayaan Presiden Konfederasi.

Mengasihi Allah, mengasihi sesama, dengan segenap hati. Visi yang Tuhan berikan untuk jemaat di gereja kita sangat relevan dengan renungan pagi hari ini. Kalau hati kita penuh dengan Kasih Allah, kita pasti mengasihi Allah, bahkan bisa dipastikan kita pun akan mengasihi sesama kita. Saat kita mengasihi orang-orang di sekitar kita, kita pasti terbebas dari kebencian, bahkan ketika kita dilukai. Hati penuh kasih sangat disukai Tuhan. Dengan mudah, Dia dapat membawa kita naik dari satu level kerohanian ke level berikutnya. Dia pun akan berkarya lewat setiap kita yang tidak memendam kebencian, tidak menyimpan sakit hati, dan merdeka dari konflik. Hidup kita akan berbuah dan menjadi berkat bagi banyak orang. Amin.

RENUNGAN
Kita harus bisa MERDEKA DARI KONFLIK, sebab konflik adalah salah satu PENGHALANG BESAR bagi PERTUMBUHAN ROHANI kita

APLIKASI
1. Amatilah hidup Anda, adakah konflik-konflik yang menghambat pertumbuhan rohani Anda?
2. Mengapa konflik dapat menjadi penghalang terbesar bagi kerohanian Anda?
3. Bagaimana Anda dapat mulai menyingkirkan penghalang besar bagi petumbuhan rohani Anda tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ampuni kami yang masih terus memelihara konflik dalam hidup kami. Terima kasih sudah menyadarkan kami akibat dari konflik yang bisa merusak kehidupan kami sendiri. Ajarilah kami, agar kami dapat mengalami kemerdekaan sejati dari-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.