Pengaruh negatif yang merusak hidup kita

Pengaruh negatif yang merusak hidup kita

BACAAN HARI INI
2 Timotius 3:1-17

RHEMA HARI INI
2 Timotius 3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama

Betapa girangnya Tarra saat menerima e-mail dari sebuah perusahaan yang mengabarkan bahwa ia diterima bekerja di perusahaan mereka. Saat ia bekerja, kinerjanya yang bagus membuat ia terus mendapat promosi dari pimpinannya. Keberhasilan Tarra ternyata menimbulkan kecemburuan di antara pegawai yang sudah lama bekerja, tetapi tidak pernah mendapatkan promosi. Para pegawai yang sakit hati pada Tarra bermufakat menjatuhkannya. Berbagai cara mereka tempuh untuk menghancurkan Tarra. Mereka pun membuat seolah-olah Tarra membocorkan rahasia perusahaan kepada kompetitor, sehingga akhirnya ia dipecat.

Bertahun-tahun Tarra menyimpan kepahitan kepada orang-orang yang sudah menghancurkannya. Ia pun tenggelam dalam minum-minuman alkohol. Tidak bisa menerima keadaan, diam-diam Tarra melancarkan balas dendam. Namun, bukannya bahagia setelah membalaskan sakit hatinya, hidupnya malah semakin hancur. Ia mudah gelisah dan nyaris mengakhiri hidupnya karena depresi. Beruntung, Tarra bertemu seorang konselor Kristen. Singkat cerita, akhirnya Tarra dilayani oleh konselor itu dan mengenal kasih Tuhan. Ia pun mulai mengampuni orang-orang yang sudah menghancurkannya. Sejak itu, hidup Tarra dipulihkan. Ia meninggalkan alkohol dan kembali menata hidupnya.

Kisah Tarra merupakan kisah yang mudah kita temukan di sekitar kita atau malah kita pernah mengalaminya. Entah kita berada dalam posisi Tarra atau teman-teman kerjanya yang menghancurkannya. Suka atau tidak, kita harus mengakui bahwa kejatuhan dunia dalam dosa membawa pengaruh negatif bagi kita yang masih tinggal di dalamnya. Di sekitar kita, kita sangat mudah menjumpai orang-orang yang egois, sombong, penyebar fitnah, pemberontak, penista agama, dan lain sebagainya. Namun, sebagai anak-anak Allah, kita tidak boleh terpengaruh dengan hal-hal negatif tersebut. Bila kita sudah mulai terpengaruh atau mungkin sudah lama terpengaruh, segera minta ampun pada Tuhan dan minta agar Tuhan membebaskan kita dari pengaruh-pengaruh negatif dunia ini yang menghancurkan kita. Sehingga kita pun bisa hidup dalam kemerdekaan sejati bersama-Nya, dan menjadi pembawa terang-Nya ke dalam dunia yang gelap ini.

RENUNGAN
Sadarilah bahwa kita hidup dalam DUNIA YANG SUDAH JATUH KE DALAM DOSA dan PENGARUH-PENGARUH NEGATIFNYA bisa merusak hidup kita

APLIKASI
1. Apa pengaruh negatif dari dunia yang bisa merusak hidup Anda saat ini?
2. Sudahkah Anda melibatkan Tuhan dalam usaha Anda membebaskan diri dari pengaruh negatif dunia ini? Bagaimana cara Anda melibatkan Tuhan?
3. Apa yang Anda lakukan untuk terbebas dari pengaruh-pengaruh negatif dunia ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami menyadari dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa membawa pengaruh negatif dalam hidup kami. Oleh sebab itu, kami mohon tutup bungkus kami senantiasa dengan darah Yesus, penuhi kami dengan kasih-Mu dan bebaskan kami dari pengaruh-pengaruh negatif dunia yang bisa merusak hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.