Pusat terpenting pondok daud

Pusat terpenting pondok daud

BACAAN HARI INI
1 Tawarikh 13:1-14

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 13:3 Dan baiklah kita memindahkan tabut Allah kita ke tempat kita, sebab pada zaman Saul kita tidak mengindahkannya.”

Hari ini Budi harus menghadiri suatu acara di luar kota. Tepat pukul tujuh pagi ia berangkat naik motor. Ia memperkirakan tiba di tujuan dalam dua jam. Budi pun tidak tergesa-gesa memacu motornya. Ia begitu menikmati udara dan suasana rute jalannya. Singkat cerita, ia sampai di batas kota tujuan. Namun, tiba-tiba mesin motornya tersendat-sendat kemudian mogok. Budi beberapa kali mencoba menyalakan mesin, tetapi tidak berhasil. Lantas ia turun untuk mengecek kondisi mesin motor. Untung saja ia menyadari pentingnya fungsi busi pada motor, sehingga ia selalu menyimpan cadangannya di bawah jok motor. Setelah businya diganti, mesin motor bisa menyala lagi. Budi pun dapat segera melanjutkan perjalanannya dan sampai tujuan tepat waktu.

Seperti motor yang tidak bisa berfungsi dengan benar tanpa busi, roda kegerakan umat Allah pun tak dapat berjalan sepenuhnya tanpa tabut perjanjian Allah. Inilah yang gagal disadari oleh Saul. Ia membiarkan tabut itu tersimpan begitu saja di suatu tempat di Israel. Berbeda dengan Daud. Pada masa pemerintahannya, tabut Allah kembali dimuliakan. Daud berinisiatif mengajak jemaah Israel untuk membawa pulang tabut perjanjian ke Yerusalem, pusat pemerintahan mereka. Tak heran bila kerajaan Israel berjaya di bawah kepemimpinan Daud.

Di masa kini, kita pun perlu mencontoh Daud yang memandang indah tabut perjanjian. Tanpa tabut perjanjian, Pondok Daud sebenarnya adalah pondok biasa, kemah biasa, dan tempat biasa yang tidak berarti apa-apa. Namun, dengan adanya tabut perjanjian di dalamnya, Pondok Daud menjadi tempat yang luar biasa. Memang keberadaan tabut perjanjian sekarang ini tidak diketahui, tetapi kita perlu menyadari bahwa tabut itu adalah simbol kehadiran Allah di tengah umat-Nya. Seperti Daud yang membangun Pondok Daud untuk menempatkan tabut perjanjian, kita pun perlu mempersiapkan tempat agar hadirat Allah dapat bertakhta di tengah-tengah kita.

RENUNGAN
PUSAT TERPENTING dari Pondok Daud adalah TABUT PERJANJIAN, jangan sampai kita mengabaikannya

APLIKASI
1. Apakah kehidupan rohani Anda saat ini selalu menyala-nyala?
2. Mengapa Tabut Perjanjian adalah pusat terpenting dari Pondok Daud?
3. Bagaimanakah caranya agar Pondok Daud Anda dapat senantiasa menghadirkan kuasa Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau telah menjadi pengantara kami kepada Bapa di sorga melalui karya pengorbanan-Mu. Kami berterima kasih karena Roh Kudus-Mu telah membuat kami mengerti bahwa Engkau sendirilah Tabut Allah itu dan kami adalah Pondok Daud yang hidup. Kami mohon kepada-Mu agar kami diberikan kekuatan untuk selalu menjaga kekudusan supaya Engkau selalu berada di dalam kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.