Rahasia puji-pujian yang menyentuh hati Tuhan

Rahasia puji-pujian yang menyentuh hati Tuhan

BACAAN HARI INI
Mazmur 100:1-5

RHEMA HARI INI
Mazmur 100:2 Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!

Hari itu seharusnya adalah hari yang berbahagia. Kerajaan terbesar di muka bumi tengah merayakan hari berdirinya kerajaan mereka. Raja pun mengadakan perayaan besar-besaran di istananya. Namun, kepala salah satu kelompok seniman yang terpilih untuk menyajikan musik dan tarian di istana mendapatkan kabar buruk dari rumah. Istrinya baru saja melahirkan secara prematur. Entah apakah anaknya bisa bertahan hidup lama atau tidak. Ia bisa saja menunjuk orang lain untuk menggantikan perannya. Namun ia juga ingin memastikan mereka memberikan yang terbaik bagi raja yang mereka hormati.

Akhirnya tibalah giliran grup seninya untuk tampil. Meskipun hati sang kepala seniman diliputi awan mendung, ia berusaha dengan segenap hatinya untuk menyanyi dengan sukacita. Ia mengingat-ingat kebesaran dan kebaikan raja bagi rakyatnya. Ia memimpin grupnya untuk memuji-muji dan mengagungkan sang raja. Begitu meriah dan cerianya penampilan mereka, sehingga raja pun terkesan. Sampai-sampai raja memperbolehkannya mengajukan keinginan. Tanpa banyak berpikir, kepala seniman itu meminta agar raja mengirimkan tabib kerajaan untuk memeriksa anaknya. Singkat cerita, bukan saja anaknya bisa tumbuh sehat, sang raja pun mengangkat grup seni mereka sebagai pemusik kerajaan.

Sama seperti raja pada cerita di atas, Raja di atas segala raja yang kita sembah pun akan disenangkan bila kita datang kepadanya dengan penuh sukacita. Benar, kita tidak dapat menghindari permasalahan dan duka akan selalu menghampiri hidup kita. Namun, pujian dan penyembahan yang sejati tidaklah tergantung pada emosi kita. Itu adalah keputusan dan kebulatan hati. Tidak tergantung pada kita, tetapi pada Tuhan. Ketika kita sedang menaikan pujian penyembahan, kita tidak sedang melayani perasaan kita sendiri. Tuhanlah yang seharusnya menikmati pujian penyembahan kita. Jika kita dapat menyadari kebenaran ini dan membangun Pondok Daud dengan segenap hati, yakinlah bahwa Tuhan yang menilai hati akan mengubah air mata kita menjadi sorak-sorai.

RENUNGAN
Rahasia puji-pujian dan ucapan syukur yang menyentuh hati Tuhan adalah menaikkan puji-pujian dengan SUKACITA YANG MELUAP-LUAP.

APLIKASI
1. Mengapa hati Tuhan tersentuh ketika kita menaikkan puji-pujian dengan sukacita yang meluap-luap?
2. Apakah yang selama ini menghalangi Anda untuk dapat datang kepada Tuhan dengan sukacita yang meluap-luap?
3. Bagaimana Anda dapat menaikkan pujian dengan sukacita yang meluap-luap?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkaulah Raja di atas segala raja. Tak terukur kasih setia-Mu. Bertakhta di atas puji-pujian kami. Berkaryalah atas hidup kami. Biarlah Pondok Daud-Mu menjadi tempat yang penuh dengan pujian penyembahan, sehingga kuasa-Mu pun tercurah atas kami. Tempat janji-janji-Mu tergenapi dan Kau ubahkan air mata menjadi tari-tarian. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.