Tuhan yang turun ke dunia

Tuhan yang turun ke dunia

BACAAN HARI INI
Yohanes 3:1-21

RHEMA HARI INI
Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Sial bagi Yohanes, ia sudah berusaha berangkat lebih awal supaya bisa lebih punya banyak waktu di tempat wisata itu tapi malah motornya macet di tengah perjalanan. Sudah lima belas menit ia berusaha memeriksa dan mengutak atik motornya namun tiada hasilnya. Yohanes kemudian menelepon temannya, Eko, yang menguasai mesin motor. Yohanes menceritakan kondisi motornya yang macet dan kemudian Eko menjelaskan satu per satu alternatif solusinya. Jadilah Eko memandu Yohanes lewat telepon untuk memperbaiki motor. Tetapi, dua puluh menit berjalan, motor itu tetap tidak bisa hidup. Eko lalu berkata bahwa ia akan menyusul Yohanes, setengah jam kemudian Eko sampai. Di tangan Eko, dalam waktu yang lumayan singkat motor Yohanes kembali bisa hidup.

Yohanes 3:16 mengungkapkan besarnya kasih Tuhan atas dunia ini. Kata “dunia” menunjukkan kasih Tuhan yang sangat luas untuk menjangkau semua orang. Karena kasihNya pula Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal untuk memberikan hidup kekal kepada manusia. Kata “mengaruniakan” berarti bahwa Tuhan lah yang berinisiatif memberikan dengan cuma-cuma kehadiran Yesus ke dalam dunia untuk tujuan kehidupan kekal bagi manusia. Di dalam dunia ini Yesus mengajar, mengadakan mujizat, memberi teladan, menggenapi seluruh nubuat para nabi, dan menyelesaikan karya penyelamatan manusia.

Hari Natal sebagai peringatan kelahiran Kristus, menyatakan bahwa Tuhan sepenuhnya hadir secara pribadi ke dalam dunia ini. Melalui peristiwa kelahiran dan seluruh rangkaian kehidupanNya yang ajaib, Tuhan berkenan menyatakan kehadiranNya di tengah-tengah manusia. KehadiranNya di dunia membuatNya benar-benar merasakan penderitaan manusia yang terbelenggu dosa. Sama seperti yang tertulis di dalam kita Yohanes di atas, peristiwa Natal menunjukkan bahwa Tuhan bukan hanya pasif di sorga melihat keadaan kita, tetapi Dia bersedia turun dan datang dalam hidup kita, untuk memberikan kehidupan yang kekal. Dia juga akan membereskan segala sakit penyakit kita, Dia akan membereskan segala kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya, Dia akan membereskan segala kesalahpahaman yang terjadi, Dia akan membereskan segala pekerjaan iblis dalam hidup kita, dan Dia akan mengerjakan dengan cara yang ajaib dan luar biasa, sebab Dia adalah Allah atas segala Mujizat.

RENUNGAN
Tuhan bukan hanya TURUN TANGAN atas hidup kita, tetapi PRIBADI TUHAN sepenuhnya TURUN KE DUNIA.

APLIKASI
1. Dalam hal apakah Anda membutuhkan Tuhan ikut turun tangan dalam hidup Anda?
2. Apa yang Anda lakukan supaya Tuhan ikut turun tangan dalam hidup Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Tuhan selalu turun tangan atas hidup Anda sampai seterusnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur karena Engkau begitu mengasihi kami dan ada bersama-sama dengan kami. Bagaikan tiang awan dan tiang api penyertaanMu kekal selamanya memimpin perjalanan kehidupan kami. MujizatMu nyata menjawab setiap kebutuhan dan keterbatasan kami. Karya penyelamatanMu memberikan pengharapan dan kepastian kepada kami. Inilah kami Tuhan, pakailah kami dan layakkanlah kami untuk melayaniMu lebih sungguh dan menjadi saksiMu di manapun Engkau mengutus kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.