Menjaga pikiran dan imajinasi kita

Menjaga pikiran dan imajinasi kita

BACAAN HARI INI
Yakobus 1:12-18

RHEMA HARI INI
Yakobus 1:14-15 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
Sekarang ini, perselingkuhan bagaikan tren dan bukan lagi hal yang tabu. Tidak hanya di kalangan artis atau selebriti saja, tetapi orang awam pun seolah tidak malu melakukan yang namanya perselingkuhan. Bahkan, kita sebagai anak-anak Tuhan yang hidup di tengah-tengah dunia dengan pergaulannya yang tidak menuruti firman Tuhan, jika tidak hati-hati, dengan mudahnya kita terbawa ke dalam gaya hidup yang salah, termasuk dalam hal perselingkuhan.

Mungkin awalnya tidak ada niat untuk berselingkuh, tetapi karena teman-teman kita sering membicarakan tentang perselingkuhan, kita pun terbayang-bayang dengan apa yang mereka katakan. Belum lagi kecanggihan teknologi saat ini yang memungkinkan kita mendapatkan informasi apa pun tanpa ada batasan. Majalah, video, film, artikel, berita, buku, medsos, internet, pergaulan, lingkungan, lagu, dan orang-orang di sekeliling kita adalah sarana yang bisa mempengaruhi dan membentuk imajinasi kita. Jika kita menyalahgunakan media-media yang ada untuk melihat hal-hal yang melenceng, tentunya pikiran kita akan dipenuhi dengan apa yang sering kita lihat tersebut. Jangan heran kalau imajinasi kita ikut melenceng, dan kalau kita biarkan, hal itu akan mengobarkan keinginan yang salah, dan sampai di suatu titik, kita akan melakukan tindakan yang salah.

Oleh karena itu, jangan sampai kita salah memberi makan imajinasi kita, karena imajinasi kita sangatlah dipengaruhi apa yang masuk ke dalam pikiran kita. Apa sajakah yang sudah memberi makan imajinasi kita saat ini, apakah hal yang baik yang sesuai dengan firman Tuhan, atau sebaliknya, hal-hal yang bertentangan dengan firman Tuhan? Segeralah bertobat jika kita sudah memberi makanan yang salah bagi pikiran kita. Ganti dengan makanan rohani, agar imajinasi kita berubah menjadi imajinasi positif yang sesuai dengan firman Tuhan. Demikianlah kita bisa menyelamatkan keluarga kita dari bahaya dan akibat perselingkuhan yang merusak rencana Tuhan dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
IMAJINASI sangat dipengaruhi oleh APA YANG MASUK dalam pikiran.

APLIKASI
1.Hal-hal apa yang sering Anda izinkan masuk ke dalam pikiran Anda?
2. Apakah hal-hal yang masuk ke dalam pikiran Anda tersebut menimbulkan imajinasi yang positif atau negatif? Jelaskan!
3. Bagaimana cara Anda menjaga imajinasi Anda agar tidak bertentangan dengan firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarkanlah kami menjaga pikiran kami dari hal-hal yang tidak baik yang tidak sesuai dengan firman-Mu. Supaya kami memiliki imajinasi yang positif dalam menjalani kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.