DOA PUASA ADALAH SESUATU YANG MENYENANGKAN

DOA PUASA ADALAH SESUATU YANG MENYENANGKAN

RHEMA HARI INI
Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Banyak dari kita sering kali membayangkan sesuatu hal yang belum tentu terjadi, tetapi sudah membuat kita ketakutan. Terlebih jika hal tersebut adalah suatu hal yang sifatnya jarang kita lakukan atau hal baru. Seperti ketika seorang anak kecil yang belum pernah berpuasa sebelumnya, kemudian diajak orangtuanya untuk ikut berpuasa, biasanya ia akan merasa khawatir, takut tidak kuat menahan rasa lapar, takut sakit, takut menjadi lemas, dan banyak ketakutan-ketakutan lainnya. Rasa ketakutan yang melintas itu tak jarang membuat anak-anak akhirnya enggan untuk ikut berpuasa.

Puasa adalah sebuah tindakan ketika kita tidak makan atau minum meskipun merasakan lapar dan mengalihkannya dengan hal-hal yang bersifat rohani. Baru membayangkannya saja mungkin sudah membuat kita merasa takut dan menganggap doa puasa bukanlah hal yang penting. Namun, di dalam Alkitab ada banyak tokoh yang memberikan teladan kehidupan doa puasa. Seperti Daniel yang pernah berpuasa selama 10 dan 21 hari. Ada pula Ester yang berpuasa selama tiga hari penuh, Musa yang berpuasa empat puluh hari empat puluh malam, lalu Elia, Daud, Nehemia, Ezra, Yosafat, dan masih banyak lagi. Bahkan, sewaktu masih hidup di dunia pun, Tuhan Yesus juga melakukan doa puasa selama empat puluh hari.

Mempelajari semua kisah puasa tersebut, kita dapat belajar, ketika mereka berpuasa, mereka mengalami perkara-perkara ajaib. Tubuh jasmani mereka justru terlihat lebih sehat dan kehidupan rohani mereka meningkat. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu dan bimbang untuk berdoa puasa! Mintalah kekuatan dari Tuhan untuk memampukan dan menolong. Doa puasa bukanlah sesuatu hal yang menakutkan, tetapi doa puasa adalah hal yang sangat menyenangkan. Mulai hari ini, ambil komitmen untuk mengikuti doa puasa. Kita akan melihat bagaimana Tuhan memberi kekuatan dan akan ada pengalaman-pengalaman rohani yang baru dengan Tuhan. (LEW)

RENUNGAN
DOA PUASA bukanlah sesuatu yang MENAKUTKAN dan harus kita hindari; DOA PUASA itu MENYENANGKAN.

APLIKASI

  1. Bagaimana anggapan Anda mengenai doa puasa?
  2. Mengapa doa puasa bukanlah sesuatu yang menakutkan dan harus Anda hindari?
  3. Apakah komitmen yang bisa Anda ambil dalam doa puasa? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, berikanlah kami kemampuan dan kekuatan untuk berani melakukan doa puasa. Kiranya kami bisa menjalani doa puasa dengan penuh ucapan syukur dan sukacita, sehingga hidup kami semakin seturut dengan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.