DOA PUASA YANG MENDATANGKAN PEMBEDAAN AJAIB

DOA PUASA YANG MENDATANGKAN PEMBEDAAN AJAIB

RHEMA HARI INI
Keluaran 8:23a Sebab Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan bangsamu.

Hidup terpisah dari orang-orang Mesir yang sarat dengan keduniawian justru mendatangkan berkat tersendiri bagi orang-orang Israel. Yakub dan anak-anaknya yang tinggal di Gosyen terpelihara hidupnya, terluput dari bencana kelaparan dan kekeringan. Begitu pula ketika Tuhan menghukum orang-orang Mesir dengan mendatangkan tulah, tempat tinggal orang-orang Israel tetap berada dalam perlindungan Tuhan. Itulah Gosyen, tempat yang dibedakan Tuhan untuk umat pilihan-Nya, di sanalah orang-orang Israel mendapatkan perlakuan khusus dan pengecualian dari Tuhan.

Sering kali, ada begitu banyak kekecewaan dirasakan oleh orang-orang yang setia kepada Tuhan saat melihat orang fasik bahkan orang-orang yang mengaku percaya tetapi hatinya menjauh dari Tuhan. Hidup mereka tetap baik-baik, malah semakin makmur saja. Namun, Tuhan mengingatkan bahwa fokus pandangan kita seharusnya tidak diarahkan kepada hal-hal yang kasat mata, tetapi diarahkan kepada diri pribadi-Nya, dan melakukan apa yang seharusnya kita lakukan dalam kehendak-Nya. Salah satunya yaitu dengan doa puasa, karena doa puasa akan mendatangkan pembedaan ajaib dari Tuhan yang membuat kita tidak sama dari yang lainnya.
Jika kita rindu mendapatkan perlakuan yang istimewa dan berbeda dari Tuhan, ambillah komitmen untuk memiliki cara hidup yang berbeda dan ‘terpisah’ dari dunia. Memang puasa tidak diwajibkan dalam kehidupan orang percaya. Namun sesungguhnya, puasa itu baik untuk dilakukan dengan tujuan melatih penguasaan diri, membuat kita menjadi lebih fokus dalam berdoa, dan juga melatih kepekaan rohani. Saat kita berdoa disertai puasa, hal itu berarti kita merendahkan diri di hadapan Tuhan, menunjukkan kesungguhan hati, sehingga kuasa Tuhan turun atas kita dan kekuatan puasa terwujud di hidup kita.

RENUNGAN
DOA PUASA akan mendatangkan PEMBEDAAN AJAIB dari Tuhan yang membuat kita BERBEDA dengan yang lainnya.

APLIKASI

  1. Pernahkah Anda menjalani doa puasa selama ini? Apa yang Anda rasakan?
  2. Menurut Anda, mengapa doa puasa mendatangkan pembedaan yang ajaib dari Tuhan?
  3. Bagaimana langkah Anda agar hidup Anda dibedakan dari yang lainnya oleh Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami rindu hidup kami mengalami pembedaan yang ajaib. Kami rindu hidup kami dibedakan dari yang lain. Ajar kami untuk dapat melakukan kerinduan dan kehendak-Mu dalam hidup kami, termasuk melakukan doa puasa. Biar hidup kami senantiasa menjadi berkat di mana pun kami berada. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.