MANFAAT MELAKUKAN DOA PUASA DENGAN BENAR

MANFAAT MELAKUKAN DOA PUASA DENGAN BENAR

RHEMA HARI INI
1 Korintus 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Dipilih untuk dilatih secara khusus untuk bekerja dalam istana raja dan diberikan makanan serta anggur yang biasa disantap raja adalah suatu kemewahan bagi para tawanan. Namun Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego bertekad untuk tidak menajiskan diri dengan makanan serta minuman dari istana raja. Mereka memilih untuk berpuasa dengan cara hanya makan sayuran dan minum air saja. Waktu itu, pengawal yang bertugas mengurus mereka berempat sempat kuatir akan keputusan mereka. Pengawal itu berpikir, kalau mereka puasa, maka mereka akan lemas, loyo, dan makin bodoh, dan tentu ia akan dihukum oleh raja. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Sepuluh hari setelah mereka berpuasa, Daniel dan teman-temannya justru menjadi lebih sehat, lebih bugar, dan mereka didapati lebih pintar sepuluh kali lipat dibandingkan orang terpandai di kerajaan Babel.

Sebagian besar dari kita pasti memiliki cara berpikir yang sama dengan pengawal istana Babel itu. Kalau orang berpuasa pasti aktivitasnya menjadi tidak produktif. Tubuh jadi lemas, pikiran sulit fokus, lalu badan kekurangan gizi sehingga mudah mengantuk dan bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan. Logika seperti itu ada benarnya juga. Kalau kita berpuasa dengan cara yang salah, bisa jadi puasa akan mendatangkan dampak yang buruk. Sebaliknya, jika kita melakukan doa puasa dengan benar, maka hal itu justru akan membuat kita lebih sehat dan sangat produktif, karena saat kita berpuasa, Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu yang kita lakukan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan cara kita berpuasa. Percayalah, Tuhan akan memberi kita kekuatan saat kita merendahkan diri dan berserah penuh kepada-Nya. Saat itulah, kita akan melihat pertolongan Tuhan. Terobosan besar terjadi, segala yang kita kerjakan akan menjadi berhasil serta beruntung, dan pastinya tubuh kita akan lebih sehat.

RENUNGAN
Melakukan DOA PUASA dengan BENAR justru akan membuat kita LEBIH SEHAT dan SANGAT PRODUKTIF.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda melakukan doa puasa dengan benar selama ini? Apa yang Anda rasakan saat itu?
  2. Mengapa doa puasa membuat kita lebih sehat dan menjadi sangat produktif?
  3. Bagaimana komitmen Anda untuk dapat mengikuti gerakan doa puasa dengan benar di gereja kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, mampukan kami untuk dapat mengikuti gerakan doa puasa. Karena kami percaya, doa puasa akan mendatangkan kekuatan dan pembentukan Roh dalam diri kami. Roh Kudus, mampukan kami sehingga kami bisa berkomitmen menjalankan doa puasa dengan konsisten dan benar.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.