KUASA UNTUK MEMBALIKKAN KEADAAN

KUASA UNTUK MEMBALIKKAN KEADAAN

RHEMA HARI INI
Ester 9:1 Dalam bulan yang kedua belas — yakni bulan Adar —, pada hari yang ketiga belas, ketika titah serta undang-undang raja akan dilaksanakan, pada hari musuh-musuh orang Yahudi berharap mengalahkan orang Yahudi, terjadilah yang sebaliknya: orang Yahudi mengalahkan pembenci-pembenci mereka.

Mina adalah seorang mahasiswi semester akhir yang sedang mengemban studi di negeri asing, jauh dari keluarganya. Setiap tahun, ia harus memperpanjang visa pelajarnya supaya ia bisa tetap terus melanjutkan studinya. Bulan itu, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, adalah bulan ketika Mina harus memperpanjang visa pelajarnya. Seperti biasa, jauh-jauh hari ia sudah menyerahkan paspor beserta berkas-berkas yang diperlukan untuk pengurusan perpanjangan visa ke kampusnya. Segala sesuatunya berjalan lancar seperti biasa, sehingga ia pun tidak mengkhawatirkan apa-apa.

Hingga suatu hari, Mina mendapat telepon dari pihak imigrasi bahwa ia terlambat memperpanjang visa pelajarnya sehingga ia terancam dideportasi. Alangkah terkejutnya Mina karena ia sudah mengumpulkan berkasnya jauh sebelum masa berlakunya habis. Ternyata, staf universitas lupa mengumpulkan paspor Mina. Mina tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Pihak universitas berjanji berusaha membantunya, tetapi keputusan ada di tangan pihak imigrasi. Mina pun berdoa dan berpuasa meminta mujizat kepada Tuhan. Singkat cerita, pihak imigrasi akhirnya mau membantu karena kesalahan ada di pihak universitas, sehingga visa pelajar Mina pun akhirnya berhasil keluar.

Sering kali, saat kita mengalami masalah atau berada dalam keadaan terjepit, yang pertama kali kita mintai bantuan adalah manusia. Entah itu keluarga, teman, atau bahkan mengandalkan diri kita sendiri. Namun, hari ini kita perlu menyadari bahwa dalam keadaan terdesak, yang pertama kali perlu kita lakukan adalah berdoa dan berpuasa. Carilah Tuhan karena ada kuasa dalam doa puasa, dan pada akhirnya, satu-satunya yang dapat menolong kita hanyalah Tuhan. Ya, saat kita merendahkan diri dan berseru kepada Tuhan, kekuatan puasa bekerja dan kuasa Tuhan dinyatakan, sehingga jalan yang semula seolah buntu, Tuhan balikkan seketika itu juga.

RENUNGAN
Salah satu KUASA dalam BERDOA PUASA adalah sanggup MEMBALIKKAN KEADAAN.

APLIKASI

  1. Apakah yang biasanya Anda lakukan saat Anda berada dalam keadaan terjepit?
  2. Sudahkah Anda berdoa puasa? Menurut Anda, apakah pentingnya berdoa puasa?
  3. Bagaimana berdoa dan berpuasa dapat membalikkan keadaan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami selama ini kalau kami kurang aktif dalam berdoa dan berpuasa. Kami tahu bahwa ada kuasa Allah yang besar dalam berdoa dan berpuasa. Kami mau belajar untuk lebih lagi meng-upgrade manusia roh kami dengan doa dan puasa sampai kuasa-Mu dinyatakan dengan dahsyat dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.