PENTINGNYA BERADA DI HABITAT ROHANI YANG TEPAT

PENTINGNYA BERADA DI HABITAT ROHANI YANG TEPAT

RHEMA HARI INI
Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Lili sangat menyukai ikan mas koki. Bentuknya yang bulat dan lucu, serta siripnya yang panjang dengan warna cerah yang seolah melambai-lambai, membuat Lili tak pernah bosan melihatnya. Lantas ia membeli dua ekor ikan mas koki dan memeliharanya dalam sebuah stoples. Ia juga menaruh seekor ikan sapu-sapu kecil agar stoplesnya bersih dari lumut. Sayang, Lili tidak mengetahui jika memelihara ikan mas koki diperlukan aerator, yaitu alat untuk menghasilkan gelembung udara. Alhasil, ikan-ikan mas koki Lili tidak bertahan lama. Keduanya mati dan hanya tinggal ikan sapu-sapu yang masih hidup.

Ikan sapu-sapu itu pun dipelihara Lili selama bertahun-tahun. Satu kali, saat Lili berkunjung ke rumah temannya yang memiliki kolam ikan koi, ia begitu terkejut melihat beberapa ikan sapu-sapu yang berukuran hampir sebesar lengannya. Ia teringat ikan sapu-sapunya yang awet mungil dan hanya membesar sedikit dari sejak ia membelinya. Ketika Lili menyatakan keheranannya, teman Lili pun tertawa. Ia berkata bahwa stoples bukanlah habitat ikan sapu-sapu. Jika Lili memeliharanya di dalam kolam, ikan itu tentu akan bertambah besar dan mencapai ukuran maksimal.

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa habitat adalah tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Selain fungsi utamanya sebagai tempat tinggal, habitat juga berfungsi sebagai tempat untuk bertumbuh dan berkembang, juga sebagai tempat berkumpul dengan spesies sejenis. Karena itu, mahluk hidup akan bertumbuh dengan optimal jika ia berada di habitatnya yang seharusnya. Kehidupan roh kita pun akan mengalami upgrade secara optimal jika berada di habitat rohani yang tepat. Dengan tidak menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah dan komunitas rohani yang membangun, maka roh kita akan semakin bertumbuh besar, kuat, dan berbuah lebat bagi kemuliaan Tuhan. (PF)

RENUNGAN
Kehidupan roh kita akan mengalami UPGRADE OPTIMAL jika berada di HABITAT yang TEPAT.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda berada dalam habitat rohani yang tepat saat ini?
  2. Apakah yang membuat Anda mengetahui bahwa habitat rohani Anda sudah tepat?
  3. Pertumbuhan rohani apa yang Anda dapatkan ketika Anda berada dalam habitat yang tepat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas komunitas rohani dan gereja tempat kami tertanam sekarang ini. Tempat kami belajar semakin mengenal Engkau dan semakin serupa dengan Engkau. Berkati habitat rohani kami, Tuhan. Berikan kami roh kesatuan dan kasih persaudaraan, sehingga kami dapat bertumbuh bersama-sama sebagai anggota keluarga Allah. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.