HABITAT MANUSIA ROH

HABITAT MANUSIA ROH

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Melalui perumpamaan tentang pokok anggur yang benar, kita diingatkan bahwa kunci untuk berbuah adalah ranting harus terus melekat pada pokok anggur, sebab hanya itulah cara untuk terus mendapatkan asupan nutrisi sehingga ranting bisa bertumbuh kuat dan berbuah. Hal itu berarti pokok anggur adalah habitat tempat ranting untuk hidup. Kristus adalah pokok anggur itu, dan kitalah rantingnya.

Oleh karenanya, orang percaya harus tetap tinggal dalam Kristus jika ingin mengalami hidup yang berkemenangan setiap hari. Tetap tinggal dalam Kristus berarti terus-menerus hidup dalam Dia di segala keadaan dan sampai akhir hidup kita. Tinggal dalam hadirat Tuhan adalah bagian yang sangat penting dalam hidup kita setiap hari. Aliran hidup yang dari Tuhan menjadi kekuatan kita dalam melakukan kehendak-Nya. Kemenangan dalam menghadapi tantangan pun kita raih dalam hadirat-Nya.

Itu sebabnya, sebagai orang percaya, kita harus terus tinggal dalam hadirat Tuhan. Sebab tanpa hadirat Tuhan, manusia roh kita bisa mengering dan kemudian mati. Hanya saat kita tinggal dalam hadirat Tuhan, kita merasakan sukacita melimpah, dan segala rasa takut serta putus asa lenyap. Namun orang yang tinggal dalam hadirat Tuhan dengan benar akan menghasilkan buah Roh Kudus dari hidupnya. Marilah kita dengan rendah hati terus berdoa, mencari wajah Tuhan, memuji, dan menyembah-Nya, sampai hadirat-Nya senantiasa memenuhi kehidupan kita, dan kuasa serta kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
HADIRAT TUHAN adalah HABITAT manusia roh kita.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda tekun untuk duduk diam dan tinggal dalam hadirat Tuhan selama ini? Jika belum, apa yang menghalangi Anda?
  2. Menurut Anda, mengapa hadirat Tuhan merupakan habitat bagi manusia roh kita?
  3. Bagaimana komitmen Anda untuk dapat tetap tinggal dalam hadirat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami percaya bahwa dalam hadirat-Mu kami mendapat kekuatan dan penghiburan. Kami rindu untuk dapat konsisten membangun kehidupan yang senantiasa tekun duduk diam dalam hadirat-Mu, hingga kemuliaan-Mu nyata dalam hidup kami. Di dalam nama Yesus kami telah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.