MENJADI ORANG KRISTEN YANG BERAKAR KUAT DALAM TUHAN

MENJADI ORANG KRISTEN YANG BERAKAR KUAT DALAM TUHAN

RHEMA HARI INI
Kolose 2:6-7 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam dia. Hendaklah kamu berakar di dalam dia dan dibangun di atas dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Kekuatan sebuah pohon terletak pada akar-akarnya. Bila pohon itu berakar dalam dan kuat, maka ia akan teguh dan tidak tumbang diterjang angin. Namun bila akarnya tidak kuat, pohon itu dapat tumbang dengan mudah. Selain itu, salah satu tugas akar adalah mencari makanan dan air untuk pohon. Tanpa akar yang dapat mencari air, maka pohon akan layu. Itulah sebabnya, bila kita memotong batang suatu pohon, pohon tersebut masih dapat hidup terus, tetapi kalau kita memotong akarnya, maka pohon itu akan mati.

Lalu, apakah fungsi akar rohani dalam kehidupan kita? Akar rohani berfungsi sebagai fondasi hidup yang membuat kita kuat. Akar rohani juga berfungsi sebagai alat penghisap “nutrisi” dari Kristus ke dalam hidup kita. Ketika kita mau berakar dalam Kristus, kita sedang menyatakan bahwa kita sedang membutuhkan Tuhan dan bukan sebaliknya. Kita butuh energi firman supaya kita bisa menjadi mercusuar iman, mengubah diri, dan mengubahkan orang-orang di sekitar kita. Semua itu hanya bisa terjadi ketika kita berakar ke dalam firman Tuhan.

Seperti pohon-pohon tertentu yang akarnya terus bertumbuh dan menjalar ke bawah untuk menguatkan fondasinya sehingga pohon itu bisa berdiri kuat, kita sebagai orang Kristen juga harus memiliki akar iman yang kuat dan tidak cepat mengeluh. Energi firman sudah diberikan untuk kita, maka kita harus membangun akar yang menerobos. Jika kita berakar kuat dalam Kristus, maka kita akan berdiri teguh dan tidak mudah dijatuhkan oleh badai kehidupan. Justru dalam badai sekalipun, kita tetap bisa berbuah lebat untuk Kerajaan Allah.

RENUNGAN
Jadilah orang KRISTEN yang BERAKAR.

APLIKASI

  1. Apakah yang dimaksud dengan orang Kristen yang berakar?
  2. Mengapa kita perlu menjadi orang Kristen yang berakar?
  3. Bagaimana Anda bisa menjadi orang Kristen yang berakar?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ajari kami dan tuntun kami untuk menjadi pengikut-Mu yang berakar kuat dalam-Mu. Biarlah kami boleh menjadi orang Kristen yang tetap berdiri teguh dalam badai sekalipun dan menghasilkan buah yang menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.