BIJAKSANA, KUNCI BEBAS DRAMA

BIJAKSANA, KUNCI BEBAS DRAMA

RHEMA HARI INI
Amsal 14:18 Orang yang tak berpengalaman mendapat kebodohan, tetapi orang yang bijak bermahkotakan pengetahuan.

Reni dan suaminya sudah menikah selama 5 tahun. Penghasilan suaminya pas-pasan sehingga Reni harus mengelola uang dengan perencanaan yang matang. Walaupun demikian, mereka sangat bahagia. Ketika usia pernikahan mereka memasuki tahun ke 10, suaminya mendapat promosi untuk menduduki jabatan manajer di perusahaan tempat ia bekerja. Gajinya 4 kali lipat dari gaji sebelumnya. Hal ini membuat gaya hidupnya berubah. Ia sering nongkrong dengan teman-temannya di café mahal, dan setiap 2 minggu ia harus keluar kota untuk urusan kantornya. Renipun karena kesepian, memilih untuk pergi dengan teman-temannya pada saat suaminya keluar kota. Akibatnya rumah tangga mereka menjadi renggang dan sering terjadi kesalahpahaman karena hal-hal sepele.

Kehidupan Reni dan suaminya sering kita alami dalam kehidupan rumah tangga. Ketika kita belum sukses, pendapatan kita pas-pasan, kita bisa hidup bijaksana dan memprioritaskan keluarga. Namun ketika kita sudah sukses dan keuangan kita membaik, kita mempunyai pendapatan yang bisa untuk mencukupi kebutuhan dan keinginan kita, maka terkadang kita lupa untuk memprioritaskan keluarga. Yang kita pikirkan adalah kesenangan kita dan pekerjaan kita. Kita tidak bijaksana dalam mengambil keputusan dalam keluarga sehingga hubungan di antara anggota keluarga kita tidak sehangat ketika kita belum sukses.

Rhema hari ini mengingatkan kita sebagai anggota keluarga untuk bijaksana dalam mengambil setiap keputusan. Sebagian orang berpendapat bahwa uang bisa menghindarkan kita dari drama dalam keluarga, namun ternyata pendapat ini tidak selalu benar, karena keluarga Reni memulai drama keluarganya ketika sudah memiliki uang yang banyak. Marilah kita bijaksana dalam mengambil keputusan dalam keluarga agar kita bisa menghindari drama dalam keluarga.

RENUNGAN:
Keluarga yang BEBAS DRAMA, pasti memiliki anggota keluarga yang BIJAKSANA.

APLIKASI

  1. Apakah saat ini Anda sudah bijaksana dalam mengelola keuangan keluarga?
  2. Menurut Anda, apakah setiap anggota keluarga perlu bijaksana dalam mengambil keputusan?
  3. Apa yang harus Anda lakukan agar dapat mengambil keputusan dengan bijaksana?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, terima kasih untuk firmanMu hari ini. Kami telah belajar untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan kehendaMu. Roh Kudus, tolong kami supaya bisa menjadi orang yang bijaksana dan berkenan di hadapanMu. Di dalam nama Yesus kami berdaa. Amin.”

Pokok Doa Hari Ini:
Mazmur 90:12 ¶ Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
Bapa, kami mengucap syukur untuk FirmanMu melalui ibadah minggu yang kami ikuti tentang Keluarga Bijaksana. Biarlah melalui FirmanMu ini setiap anggota dalam keluarga diubahkan untuk menjadi pribadi-pribadi yang bijaksana dan berkenan dihadapanMu. Sehingga setiap keluarga menjadi keluarga yang kuat di dalam Tuhan dan senantiasa mengalami kasih karunia daripadaMu.
Bapa, kami juga bersyukur untuk setiap saudara kami yang baru pertama kali hadir dalam ibadah raya. Biarlah setiap mereka yang datang sungguh-sungguh mengalami jamahan kuasaMu yang mengubahkan hidup mereka. Hidup yang penuh dengan kemenangan dan kasih karunia yang melimpah daripadaMu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.