MENJALANKAN SEMUA FUNGSI SEBAGAI AYAH

MENJALANKAN SEMUA FUNGSI SEBAGAI AYAH

RHEMA HARI INI
1 Timotius 3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.

Seorang pria asal Singapura, Ayie Ahbotz, membagikan kisah tentang ayahnya yang ia anggap sebagai panutan paling sempurna dalam hidupnya. Dalam akun facebook-nya, ia menulis, seorang panutan haruslah memberi pengaruh positif terhadap orang lain. Bahkan orang tersebut juga harus mampu membentuk kepribadian dan karakter orang lain menjadi lebih baik. Ayahnya selalu memberikan dukungan terhadap anak-anaknya, terutama tentang pendidikan dan karakter. Meskipun dalam keadaan ekonomi serba kekurangan, sang ayah tetap rajin bekerja dan menggunakan berbagai cara yang positif untuk menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Ayahnya bersedia bekerja apa pun untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Bahkan, sang ayah juga menunjukkan bagaimana seharusnya menjalani hidup sebagai pribadi yang baik.

Saat Ayie Ahbotz sudah berhasil memiliki penghasilan sendiri, ayahnya tetap memilih untuk bekerja sebagai pemungut barang bekas di lingkungan tempat tinggal mereka. Ya, working dad bukan hanya berarti Ayah yang bekerja dalam pekerjaannya, tetapi Ayah yang bekerja menjalankan semua fungsinya.

Sebagai ayah, kita bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga, itu adalah salah satu fungsi kita sebagai kepala keluarga. Namun, masih banyak peran dan fungsi seorang ayah yang harus kita kerjakan. Seorang ayah harus juga menjadi pelindung bagi seluruh keluarga dan memberi rasa aman. Baik dan buruknya kisah keluarga pun juga sangat tergantung dari peran ayah. Seorang ayah juga berfungsi sebagai akar dari pohon keluarga, sebagaimana akar yang kuat yang memberi nutrisi baik bagi keluarga. Akar yang kuat akan menumbuhkan istri dan anak-anak yang hebat. Akar yang kuat dalam Tuhan akan menghasilkan buah yang banyak bagi kemuliaan Tuhan. Oleh karena itu, bangkit dan jadilah seorang ayah yang berfungsi dalam keluarga!

RENUNGAN
WORKING DAD berarti ayah yang BEKERJA dalam PEKERJAAN dan BEKERJA MENJALANKAN semua fungsinya.

APLIKASI

  1. Sejauh apa Anda menjalankan fungsi dan peran Anda dalam keluarga Anda selama ini?
  2. Menurut Anda, mengapa seorang ayah penting untuk menjalankan fungsinya dengan baik?
  3. Renungkanlah langkah-langkah yang akan Anda ambil agar dapat menjadi seorang ayah yang sesuai dengan ketetapan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur Kau taruh kami dalam keluarga yang begitu luar biasa. Kami rindu setiap kami dapat menjalankan peran dan fungsi kami sesuai dengan kehendak-Mu, sehingga keluarga kami senantiasa dalam penyertaan dan berkat-Mu.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.