PERAN PENTING AYAH DALAM KELUARGA

HARI 1#
PERAN PENTING AYAH DALAM KELUARGA

RHEMA HARI INI
Kejadian 18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya Tuhan memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.

Dalam acara memperingati hari Ayah, Lin diminta untuk maju ke depan kelas dan menceritakan tentang ayahnya. Dengan senyum menghiasi wajahnya, ia mulai bercerita, “Ayah adalah sosok terhebat yang pernah kutemui. Ayah mengajarkan banyak hal dari pengalamannya. Ayahku adalah pria sederhana, bagi orang lain ayahku bukan apa-apa, dan memang ayahku bukan siapa-siapa. Tetapi bagiku, ayahku adalah orang yang sangat istimewa. Ayah selalu menyuruhku bermimpi besar. Ayah berkata jika mimpimu cukup besar, maka tidak ada hal yang dapat menghambat langkahmu menggapainya. Ayahku bukan orang kaya, tapi ayahku kreatif. Ia adalah seorang penemu, seorang genius yang dapat menciptakan banyak hal.”

“Ayahku membuat meja belajar yang lucu untukku, membuat lemari buku yang unik, bahkan memperbaiki tempat tidur yang telah diwariskan dari generasi ke generasi hingga masih kokoh. Sampai saat ini, aku belum pernah jatuh dari tempat tidur. Ayah selalu berkata bahwa kita punya Tuhan yang luar biasa, ketika kau dengan sungguh-sungguh berusaha, Tuhan takkan pernah membiarkanmu bekerja sendiri. Selalu ada campur tangan Tuhan dalam setiap pekerjaan yang kami kerjakan. Ketika Tuhan campur tangan, akan ada mujizat yang menunggumu dalam setiap pekerjaanmu.” Lin mengakhiri ceritanya dengan mata berbinar, membayangkan sosok ayahnya.

Bagi sebagian besar orang, pemahaman tentang ayah hanya sebatas panggilan orangtua laki-laki saja. Namun yang sebenarnya, seorang ayah mempunyai peran penting dalam kebahagiaan keluarga. Allah memuji Abraham karena teladannya yang baik dan bagaimana ia memimpin keluarganya (Kej. 18:19). Selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Allah telah memberikan kepada pria suatu peran yang unik dan khusus dalam keluarga. Yaitu, untuk merefleksikan pribadi Yesus Kristus dalam memelihara dan merawat setiap anggota keluarganya. Seperti teladan Kristus yang lemah lembut dan penuh kasih sayang kepada umat-Nya, seorang ayah yang bekerja akan menjadi akar kebahagiaan dalam keluarga. Sungguh suatu kehormatan dan tanggung jawab besar untuk memiliki peran sebagai ayah dan suami. (PF)

RENUNGAN
AYAH mempunyai PERAN yang PENTING dalam kebahagiaan keluarga.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apakah peran ayah dalam keluarga?
  2. Mengapa peran tersebut penting dalam kebahagiaan keluarga?
  3. Jika Anda adalah seorang ayah, apa komitmen Anda untuk kebahagiaan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami berdoa untuk setiap pria yang telah menjadi ayah, atau akan menjadi ayah. Kiranya Engkau memberikan hikmat dan kekuatan untuk bisa menjadi wakil-Mu di dalam keluarga. Berikan keberanian dan kedewasaan iman, sehingga para ayah dapat menjalankan perannya dengan baik dan membawa kebahagiaan dalam keluarga.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.