KEHADIRAN SECARA NYATA MEMBAWA DAMPAK YANG BESAR

HARI 3#
KEHADIRAN SECARA NYATA MEMBAWA DAMPAK YANG BESAR

RHEMA HARI INI
Amsal 23:13-14 Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan. Engkau memukulnya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati.

Tahukah Anda cara seekor induk rajawali melatih anaknya supaya bisa terbang? Ketika dirasa waktunya tiba untuk mulai melatih anak-anaknya, induk rajawali akan dengan sengaja memporak-porandakan sarangnya. Sarang yang semula aman dan hangat itu dibongkar, sehingga anak-anaknya terpaksa harus keluar dari kenyamanan. Tidak cukup sampai di situ, sang induk akan mendorong anaknya mendekati jurang dan menjatuhkannya! Si anak rajawali yang tahu ia ada dalam bahaya refleks mengepakkan sayap-sayap yang belum pernah dipakainya untuk terbang. Awalnya si anak rajawali tetap terjun bebas, dan tepat ketika ia hampir menyentuh tanah, sang induk yang tidak pernah melepaskan pandangannya terhadap anaknya itu akan segera menukik ke bawah, siap menolong anaknya. Begitulah dilakukan oleh sang induk berkali-kali, sampai si anak benar-benar bisa terbang sendiri, bertumbuh menjadi rajawali dewasa!

Bayangkan jika sang induk rajawali itu tidak mengambil perannya untuk melatih anak-anaknya. Mungkin sampai besar, anaknya tidak akan pernah bisa terbang. Meski harus berbesar hati melihat anaknya dalam kesulitan, hal itu justru merupakan tindakan kasih yang nyata seorang ayah, supaya kelak anaknya bisa menjadi rajawali yang gagah berani dan tak kenal takut.

Disinilah kita harus belajar dari induk rajawali itu. Ketahuilah, ada banyak potensi dan tujuan hidup yang besar, yang sudah Tuhan taruh dalam diri anak-anak kita. Bagian kita sebagai ayah adalah mengambil tanggungjawab itu dan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya. Yaitu, sungguh-sungguh ‘hadir’ bagi mereka, mendidik, melatih, dan mendisiplin anak-anak kita. Memang tidak mudah, tetapi jika Tuhan sudah menempatkan kita di posisi itu, Tuhan tentu tidak akan membiarkan kita berjuang sendiri. Ada kekuatan dan hikmat yang siap diberikan untuk kita. Karena itu, sebagai seorang ayah, teruslah melekat dan berakar kuat dalam Tuhan. Maka kita akan dimampukan untuk membawa anak-anak kita pada kesuksesan dan kebahagiaan mereka di dalam Tuhan. Haleluya!

RENUNGAN
KEHADIRAN seorang ayah dalam keluarga sangat mempengaruhi KESUKSESAN dan KEBAHAGIAAN anak-anaknya.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, sudahkah Anda sebagai seorang ayah benar-benar ‘hadir’ bagi anak-anak kita?
  2. Kesulitan apa yang Anda hadapi untuk melakukan itu semua, dan bagaimana cara Anda mengatasinya selama ini?
  3. Hal-hal apakah yang akan terjadi kepada anak Anda jika Anda lebih lagi sungguh-sungguh hadir bagi mereka? Tuliskan dan jadikan itu doa Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, Engkau Bapa kami yang sangat baik. Engkau adalah teladan kami supaya kami bisa menjadi ayah yang baik dan berkenan di hadapan-Mu. Terima kasih untuk tanggung jawab ini, ya Tuhan. Mampukan kami supaya kami bisa benar-benar hadir dan membawa anak-anak kami kepada kebahagiaan dan kesuksesan hidup mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.