PUJIAN YANG MEMBAWA KEBAHAGIAAN KELUARGA


PUJIAN YANG MEMBAWA KEBAHAGIAAN KELUARGA

RHEMA HARI INI
Kolose 3:21 Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Hubungan keluarga dalam pernikahan memang tidak selalu berjalan mulus. Semakin lama usia perkawinan, tidak menjamin hubungan semakin baik. Yang terjadi malah sebaliknya, hubungan menjadi semakin tawar, sering ribut, cekcok, perang dingin, dan sebagainya. Bahkan, banyak juga yang pernikahannya sampai bubar. Kidung Agung pasal 6 memberikan pelajaran bagi suami istri bagaimana cara menjaga dan membangun hubungan dalam pernikahan agar tetap harmonis, yaitu dengan saling memberi pujian satu dengan yang lain.

Pujian merupakan salah satu alat untuk mempererat hubungan dengan anggota keluarga. Kata-kata pujian memang sulit untuk diucapkan sebagian orang, mereka memilih untuk menunjukkan kasihnya dengan cara yang lain. Namun, tidak ada orang yang tidak suka dipuji. Semua orang pasti suka dipuji, apalagi yang memuji adalah orang yang dikasihinya, perasaannya pasti senang dan berbunga-bunga.

Dengan pujian, baik pasangan maupun anak-anak kita akan merasa diri mereka dihargai, kerja keras mereka diakui, dan mereka bisa merasakan jika mereka dikasihi. Oleh karena itu, para orangtua, janganlah pelit dalam memuji anak-anak kita. Para suami atau istri, jangan lelah memuji pasangan kita. Sehingga dalam keluarga kita senantiasa tercipta kebahagiaan dan keharmonisan. Pertimbangkanlah apa jelek dan ruginya jika kita bisa membuat anggota keluarga kita merasa senang, bahagia, termotivasi, bahkan mencapai puncak performanya dengan pujian yang kita ungkapkan dengan kata-kata. Terutama bagi orang-orang yang bahasa kasihnya adalah kata-kata pujian, hal ini sangatlah penting dan berarti bagi mereka.

RENUNGAN
KATA-KATA PUJIAN adalah rahasia dalam MENCIPTAKAN KEBAHAGIAAN.

APLIKASI

  1. Bagaimanakah respons atau sikap Anda selama ini dalam menanggapi keberhasilan dan kesuksesan pasangan atau anak-anak Anda?
  2. Menurut Anda, mengapa sebuah pujian dapat menciptakan kebahagiaan dalam sebuah keluarga?
  3. Bagaimana cara Anda untuk menciptakan kebahagiaan dalam keluarga Anda? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk keluarga yang Kau berikan dalam hidup kami. Kami rindu senantiasa ada kebahagiaan di tengah keluarga kami. Ajar kami untuk senantiasa bisa melihat segala sesuatu dari kacamata-Mu sehingga kami bisa senantiasa saling memuji.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.