TIDAK JEMU-JEMU BERBUAT BAIK

TIDAK JEMU-JEMU BERBUAT BAIK

RHEMA HARI INI
Yeremia 6:16 Beginilah firman TUHAN: “Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!

Pernahkan Anda memperhatikan jam dinding di rumah Anda? Sewaktu kita memasukkan baterai ke dalam jam dinding, maka jam itu mulai bekerja menjalankan tugasnya. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, ia terus bekerja dan bekerja, sampai baterai itu habis. Jam dinding itu bekerja tanpa pamrih, dilihat orang atau tidak, ia tetap berdetik. Dihargai orang atau tidak, ia tetap berputar. Walau tak seorang pun mengucapkan terima kasih, ia masih tetap bekerja dan tetap berbuat baik.
Inilah yang dinamakan tidak jemu-jemu berbuat baik. Dihargai orang lain atau tidak, dilihat orang atau tidak, kita masih akan tetap berbuat baik. Ya, berbuat baik adalah sebuah kesempatan. Namun sayangnya beberapa orang tidak mau berbuat baik. Mungkin karena terlalu sering dikecewakan, apalagi ketika perbuatan baik yang dilakukannya itu kerap kali tidak mendapatkan respons atau balasan yang diharapkan. Pun ketika kita melakukan perbuatan baik, terkadang hal-hal buruk malah menyertai, entah itu berupa hinaan, cercaan, cibiran, fitnahan dari orang lain. Kita lalu mulai merasa bosan berbuat baik, mulai berpikir seribu kali untuk berbuat baik, dan akhirnya kita berhenti untuk melanjutkan perbuatan baik tersebut.
Namun, haruskah kita berhenti berbuat baik ketika orang lain tidak membalas kebaikan kita? Kalau kita berbuat baik hanya sekedar untuk membalas kebaikan orang lain, atau dengan tujuan mendapatkan balasan yang sama, apalah artinya kebaikan kita. Seyogianya, tidak ada istilah ‘rugi atau buntung’ ketika kita melakukan perbuatan baik kepada orang lain, sebab pada saatnya kita akan menuai. Itulah bukti kita memiliki iman yang hidup. Iman yang mendatangkan kuasa ajaib atas kita dan membawa kita pada lompatan finansial yang mengubahkan hidup. (RD)

RENUNGAN
Ada perbedaan antara BERBUAT BAIK dengan TIDAK JEMU-JEMU berbuat baik.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda terus berbuat baik dengan tidak jemu-jemu selama ini? Mengapa demikian?
  2. Menurut Anda, apa perbedaan antara berbuat baik dengan tidak jemu-jemu berbuat baik?
  3. Bagaimana langkah Anda agar dapat terus konsisten berbuat baik dimanapun Anda berada?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk kebaikan-Mu dalam hidup kami. Kami rindu hidup kami pun sebagai saluran kebaikan-Mu. Biar melalui hidup kami, orang-orang melihat kebaikan-Mu yang begitu luar biasa.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.