CARA TUHAN BERBEDA DENGAN CARA KITA

CARA TUHAN BERBEDA DENGAN CARA KITA

RHEMA HARI INI
Yesaya 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Dua orang pemuda pergi bersama-sama untuk menghadiri pertemuan staff kantor mereka di sebuah lokasi. Pemuda pertama berkata, “Aku sudah pernah ke tempat itu sekitar 10 tahun yang lalu, rasanya aku ingat jalannya.” Satu jam sudah mereka mencari tempat pertemuan tersebut, namun tak juga mereka temukan. Pemuda pertama tadi merasa lelah dan kembali berkata, “Aku lupa-lupa ingat, sebab sudah banyak sekali perubahan di sekitar sini, baik jalan maupun bangunannya.”
Berbeda dengan pemuda pertama, pemuda kedua tidak perlu berpikir panjang. Ia segera membuka handphonenya dan memilih menu Google Maps, kemudian mengetik alamat lokasi tempat diadakannya pertemuan. Langsung aplikasi tersebut mengarahkan mereka. Tidak memerlukan waktu lama, sekitar 15 menit kemudian sampailah mereka ke tempat yang mereka tuju. Sekalipun memiliki tujuan yang sama, namun ada dua cara kerja yang berbeda antara pemuda satu dengan pemuda yang ke dua. Kita seringkali terpaku pada satu cara, hingga mengabaikan cara yang lain.
Demikian pula dengan kita dan Tuhan, cara yang Dia ambil terkadang berbeda dengan cara kita. Cara kita mungkin adalah dengan melihat fakta terlebih dahulu, menilai untung rugi ataupun cara-cara dunia yang masuk akal lainnya. Sedangkan cara Tuhan seringkali sangat bertolak belakang, seperti yang telah Dia firmankan (Yes 55:8). Yang harus selalu kita ingat dan tanamkan dalam hati ialah, cara Tuhan selalu lebih baik dari rencana terbaik kita. Rancangan-Nya teramat besar, luas dan mulia bagi setiap kita. Karena itu, biarlah setiap kali kita melangkah, persilahkan Tuhan untuk terlibat dan turut bekerja. Sekalipun kita belum memahami dan belum melihat, percayalah, tuntunan-Nya akan mendatangkan mujizat yang sangat luar biasa.

RENUNGAN
Cara TUHAN BEKERJA seringkali BERBEDA dengan cara kita.

APLIKASI

  1. Seberapa sering cara Anda salah dalam mengambil langkah? Renungkan.
  2. Adakah pengalaman pribadi Anda, ketika Anda mengijinkan Tuhan bekerja dengan cara-Nya dalam hidup Anda, sesuatu yang besar terjadi?
  3. Apa kendala yang sering Anda hadapi ketika Anda belajar mengijinkan Tuhan bekerja seutuhnya atas hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami ketika seringkali kami berpikir dengan akal manusia kami. Mulai saat ini kami mau belajar untuk terus menyerahkan hidup kami dalam tangan-Mu dan percaya sepenuhnya pada cara-Mu bekerja dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus,kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.