ANUGERAH TUHAN BAGI YANG RENDAH HATI

ANUGERAH TUHAN BAGI YANG RENDAH HATI

RHEMA HARI INI
Yakobus 4:6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Tanpa di sadari, kesombongan ada di dalam diri setiap orang. Meski bibir dan tingkah laku kita bisa terlihat seperti rendah hati, tetapi di dalam hati, kesombongan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dikalahkan. Ketika kita tidak suka diberi nasihat oleh orang lain, tidak menghargai dan menerima pendapat orang lain, keinginan untuk dipuji, atau bahkan sesepele lebih suka mendahului orang lain saat berjalan bersama karena tidak suka berada di belakang, itupun merupakan suatu bentuk kesombongan.

Ya, kesombongan membuat kita ingin selalu berada di posisi atas, melebihi atau di depan orang lain. Sebaliknya kerendahan hati tidak keberatan untuk menempatkan diri di bawah, karena sadar dirinya pun memiliki kekurangan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, anugerah didefinisikan sebagai pemberian dari pihak atas kepada pihak yang ada di bawah. Dengan kata lain, anugerah hanya akan mengalir jika kita menempatkan diri di tempat rendah atau di bawah.

Ada banyak orang yang tidak mau rendah hati karena takut dipandang remeh, tidak dihargai atau disepelekan. Tetapi yang sebenarnya, kerendahan hati bukan berarti tidak punya kepercayaan diri, tetapi merasa bahwa dirinya tidak mampu dan miskin di hadapan Allah. Menyadari bahwa tanpa Tuhan kita bukan siapa-siapa dan tidak bisa berbuat banyak tanpa diri-Nya, dan bahwa kesuksesan kita, keberadaan kita sebagaimana kita saat ini, semua hanyalah karena anugerah Tuhan semata. Pada kita yang memiliki sikap hati seperti inilah, Tuhan menaruh belas kasihan dan melimpahkan anugerah-Nya. Mari, minta pertolongan Roh Kudus untuk bisa menjadi pribadi yang rendah hati di hadapan Tuhan, sehingga anugerah Tuhan mengambil alih segala kesesakan dan pergumulan kita, digantikan dengan kemurahan, kasih karunia dan kemuliaan yang melimpah atas kita.

RENUNGAN
ANUGERAH TUHAN hanya akan DIBERIKAN kepada orang yang MERENDAHKAN DIRI dan MERASA TIDAK MAMPU.

APLIKASI

  1. Apakah definisi rendah hati bagi Anda?
  2. Menurut Anda, mengapa anugerah Tuhan hanya diberikan kepada yang rendah hati?
  3. Bagaimana agar Anda dapat memiliki sikap yang rendah hati di hadapan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, ajarkan kami untuk menjadi pribadi yang rendah hati di hadapan Tuhan. Tolong kami membuang segala kesombongan dari hati kami. Kami rindu boleh menjadi berkat bagi sesama dan memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.