SABAR DALAM MENANTI PETUNJUK TUHAN

SABAR DALAM MENANTI PETUNJUK TUHAN

RHEMA HARI INI
Amsal 8:34 Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.

Alkitab menulis bahwa segala sesuatu akan indah pada waktunya. Disini kita harus menyadari bahwa hanya Tuhanlah yang mengetahui waktu yang paling tepat dan terbaik bagi kita untuk menerima berkat-berkat-Nya. Yang harus kita lakukan adalah dengan tekun dan sabar menantikan waktu tersebut. Seperti seseorang yang sedang menggali tanah untuk mencari sumber air. Ketika dia kehabisan kesabaran dan berhenti menggali maka saat itulah segala usahanya sia-sia dan gagal.

Gara-gara ketidaksabaran, Raja Saul yang sebenarnya kerajaannya akan dikokohkan Tuhan sampai selamanya, akhirnya dibatalkan, bahkan diganti oleh orang lain. Gara-gara kehilangan kesabaran, Musa meledakkan emosinya dan memukul batu untuk mengeluarkan air, maka Tuhan memotong kesempatan Musa untuk masuk ke tanah perjanjian. Seharusnya Musa yang bakal memimpin bangsa Israel ke tanah perjanjian, tetapi Yosualah yang akhirnya dipilih oleh Tuhan untuk menggantikan Musa memimpin bangsa Israel.

Banyak dari kita yang ketika sudah merasa terdesak dan tidak juga melihat adanya pertolongan, menjadi tidak lagi bisa bersabar dalam menunggu petunjuk Tuhan. Kita mulai panik, gelisah, emosional dan akhirnya mengambil keputusan sendiri. Akibat dari langkah yang kita ambil tanpa menunggu instruksi Tuhan adalah kerugian besar bagi diri kita sendiri. Ada masa depan yang terpotong, jalan hidup yang mengecil dan kehilangan anugerah Tuhan secara signifikan dalam hidup kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki kesabaran ketika kita berdoa meminta petunjuk dari Tuhan. Percayalah, waktu yang kita pikir terbuang sia-sia dalam penantian, justru akan Tuhan buktikan sebagai penghematan waktu dalam mencapai terobosan. Karena Roh Kudus akan memimpin kita mengatasi setiap halangan, yang pada akhirnya mempercepat kita sampai pada penggenapan janji Tuhan.

RENUNGAN
KESABARAN adalah hal yang harus kita MILIKI ketika kita berdoa MEMINTA PETUNJUK dari Tuhan

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda bersabar dalam menanti-nantikan petunjuk Tuhan selama ini?
  2. Apakah akibat dari ketidaksabaran yang pernah Anda alami?
  3. Bagaimana Anda akan menumbuhkan kesabaran Anda dalam meminta petunjuk dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, berilah kami roh kesabaran dalam menanti-nantikan setiap petunjuk-Mu. Sehingga setiap langkah yang kami ambil sesuai dengan jalan dan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.