JANGAN TAKUT DAN JANGAN TAWAR HATI

JANGAN TAKUT DAN JANGAN TAWAR HATI

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 28:20 Lalu berkatalah Daud kepada Salomo, anaknya: “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, dan lakukanlah itu; janganlah takut dan janganlah tawar hati, sebab Tuhan Allah, Allahku, menyertai engkau. Ia tidak akan membiarkan dan meninggalkan engkau sampai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah Allah selesai.

Setiap kita pasti pernah diperhadapkan pada berbagai pergumulan. Tantangan demi tantangan seolah tak ada habis-habisnya. Seringkali yang kita hadapi terlihat begitu besar dan menakutkan, sampai-sampai kita merasa betapa kecil, lemah dan tidak berdaya. Mulai dari situ, timbullah rasa takut, khawatir dan putus asa. Hati kita menjadi tawar dan lebih memilih untuk bersikap masa bodoh atau bahkan menyerah kalah pada keadaan.

Pastinya kita semua berharap bahwa hidup kita akan selalu baik-baik saja, berjalan mulus tanpa ada pergumulan. Akan tetapi hal itu tidak mungkin terjadi, bahkan bagi orang yang dikenan Tuhan sekalipun. Selama kita masih hidup, proses pembelajaran akan terus berjalan. Ya, memang benar kita mendapat janji-janji Tuhan, tetapi sama seperti Yosua yang menggantikan Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Yosua menghadapi tantangan berat karena bangsa Israel adalah bangsa yang jumlahnya besar sekaligus tegar tengkuk. Maka Tuhan berpesan sampai 3 kali kepada Yosua: kuatkan dan teguhkanlah hatimu!

Sadarilah, anugerah Tuhan yang indah itu disediakan melimpah atas hidup kita, tetapi bagian kitalah untuk menguatkan hati dan tidak menjadi tawar. Percayalah, janji Tuhan YA dan AMIN, Dia pun tidak pernah terlambat. Selama hidup kita berkenan di hadapan Tuhan, maka anugerah-Nya yang melimpah akan menolong kita tepat pada waktunya.

RENUNGAN
Janganlah menjadi TAKUT dan TAWAR HATI.

APLIKASI

  1. Apakah yang Anda lakukan ketika hati Anda takut dan gentar?
  2. Menurut Anda, apa yang membuat hati seseorang menjadi tawar?
  3. Tulis dan renungkanlah setiap janji Tuhan atas hidup Anda dan komitmen apa yang Anda buat sampai janji tersebut tergenapi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terimakasih untuk renungan firman-Mu pada hari ini. Kami akan terus memandang Engkau dan mempercayai janji-Mu atas hidup kami. Jauhkanlah hati yang tawar, sehingga kami Engkau dapati tetap teguh dan setia saat janji-Mu digenapi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin. “

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.