TUNTUTAN DAPAT MEMICU PERMASALAHAN KELUARGA

TUNTUTAN DAPAT MEMICU PERMASALAHAN KELUARGA

RHEMA HARI INI
Kolose 4:6 Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Tina merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Orang tua Tina sangat menuntut anak-anaknya untuk berprestasi di sekolah. Tono sang adik selalu mendapat juara satu di kelas, sedangkan Tina hanya sebatas juara dua saja. Setiap hari mereka harus mengikuti berbagai les dan harus banyak belajar. Tina selalu dibandingkan dengan adiknya dan ia selalu banyak dimarahi oleh kedua orang tuanya. Tekanan dan konfrontasi ini mengakibatkan tekanan tinggi dalam diri Tina. Ia menahan kekecewaan begitu rupa pada orang tuanya. Ia pun jadi tidak dekat dengan adiknya karena selalu dibandingkan.

Suatu ketika Tina sudah tidak kuat menahan segala sesuatunya, ia kemudian mengutarakan segala hal yang ia rasa. Namun orang tua nya masih tidak menyadari dan tetap mengkonfrontasi Tina sehingga membuat hubungan mereka semakin tidak baik. Hal ini justru memicu banyak permasalahan terjadi dalam keluarga mereka.

Ya, tuntutan dan konfrontasi frontal dapat memicu masalah dalam keluarga. Kita harus menyadari bahwa segala sesuatu tidak hanya bisa berjalan sesuai dengan yang orang tua harapkan, tetapi harapan anak juga harus bisa diperhatikan. Kita tidak bisa menuntut semua orang sesuai harapan kita, sebab hanya Tuhan satu-satunya harapan yang tidak pernah mengecewakan kita. Ketika kita mengutarakan keinginan kita, gunakanlah kata-kata dan cara yang baik dan menenangkan hati serta carilah titik tengah terbaik bagi berbagai pihak, sehingga damai sejahtera dan sukacita dalam keluarga senantiasa bisa terjaga. (TS)

RENUNGAN:
KONFRONTASI FRONTAL dan TUNTUTAN seringkali menjadi PENYEBAB UTAMA terjadinya drama dalam keluarga.

APLIKASI

  1. Apakah sering terjadi drama dalam keluarga Anda? Jika iya, drama apa yang sering terjadi?
  2. Menurut Anda, apa penyebab terjadi drama dalam keluarga Anda?
  3. Bagaimana cara Anda mencegah terjadinya drama dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih atas kasih dan anugerah-Mu dalam hidup kami. Tuhan ampuni kami jika kami masih sering menuntut banyak orang sesuai dengan harapan kami. Ajar kami memiliki hati yang lemah lembut sehingga kami tidak menyakiti hati orang disekitar kami dengan kata-kata dan sikap kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa. Amin.”

Pokok Doa Hari Ini:
Yos 24:15b Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”
Bapa, kami berdoa untuk Ibadah Raya. Biarlah setiap Ibadah Raya dipenuhi dengan hadirat, kuasa, dan lawatan Roh Kudus. Biarlah setiap jemaat yang hadir mengalami perjumpaan pribadi dengan-MU dan menerima rhema yang bisa menjadi jawaban bagi hidup mereka. Kami berdoa kiranya Ibadah Raya ini bukan menjadi ibadah biasa, tetapi ibadah yang sungguh-sungguh membawa terobosan besar bagi kehidupan setiap jemaat, bahkan bagi gerja-MU, Keluarga Allah.
Bapa, kami berdoa untuk Ibadah Doa Puasa. Biarlah melalui Ibadah Doa Puasa ini setiap jemaat dibangkitkan untuk lebih lagi lapar dan haus mengalami sesuatu yang lebih besar lagi di dalam Engkau. Kiranya melalui Ibadah Doa Puasa ini akan terjadi terobosan besar bagi gereja-MU.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.