MEMENUHI KEBUTUHAN JIWA KELUARGA

MEMENUHI KEBUTUHAN JIWA KELUARGA

RHEMA HARI INI
Efesus 5:28-29 Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat.

Pak Rusli adalah seorang kepala keluarga dan pekerja keras. Tak kenal lelah, ia bekerja untuk memenuhi setiap kebutuhan keluarganya. Suatu kali anaknya yang pertama akan masuk ke perguruan tinggi dan memerlukan dana yang cukup banyak. Istrinya sangat kuatir dan bingung, namun Pak Rusli menenangkan dan menguatkan bahkan menyediakan dana untuk itu. Pak Rusli mengambil buku tabungannya, sebab ternyata selama ini ia sudah memikirkan hal tersebut sehingga ia menyisihkan sebagian gajinya secara konsisten untuk ditabung guna mempersiapkan biaya kuliah anaknya. Setelah memberikan buku tabungan itu kepada istrinya, istrinya merasa lega dan tak perlu kuatir lagi karena mereka sudah mempunyai cukup dana untuk menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi.

Setiap orang mempunyai kebutuhan jiwa untuk dikasihi dan diperhatikan, begitu juga dengan istri dan anak. Suami memiliki peran dan tanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ia adalah kepala dalam kebutuhan jiwa, dimana ia harus bertanggungjawab memikirkan kebutuhan anggota keluarganya, salah satunya adalah kebutuhan jiwa istri dan anak-anak supaya tetap tenang dan tidak kuatir seperti yang dilakukan oleh Pak Rusli. Ia sadar bahwa jika ia mampu memenuhi kebutuhan anggota keluarganya, maka keadaan jiwa anggota keluarganya bisa terjaga.

Mari kita terus membangun hubungan dengan Tuhan, makin melekat lebih lagi pada Tuhan sehingga suami sebagai kepala keluarga bisa memenuhi kebutuhan jiwa setiap anggota keluarga sesuai dengan tuntunan Tuhan. Dengan tuntunan Tuhan, masalah dan pergumulan yang datang dalam keluarga kita tidak akan bisa menggagalkan rencana Tuhan atas keluarga kita.

RENUNGAN:
Di dalam keluarga, SUAMI harus menjadi KEPALA dalam hal KEBUTUHAN JIWA.

APLIKASI

  1. Para suami, sudahkah Anda mempraktekkan renungan hari ini?
  2. Kendala apa yang sering Anda temui?
  3. Lalu langkah apa yang akan Anda kerjakan setelah ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, jadikan kami para suami yang seturut dengan FirmanMu. Kami menyadari akan setiap keterbatasan kami. Tuntun kami, mampukan kami menjadi kepala dalam hal memenuhi kebutuhan jiwa bagi keluarga kami sehingga keluarga kami menjadi keluarga yang berhasil didalamMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin. “

Pokok Doa Hari Ini:
Yakobus 1:25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
Bapa, biarlah setiap jemaat dipenuhi dengan kelaparan dan kehausan untuk mengenal Engkau lebih dalam lagi melalui SOM. Berikan kepada mereka ketekunan untuk mengikuti pelajaran demi pelajaran di SOM dan mempraktekkannya dalam hidup mereka, sehingga hidup mereka terus tertuntun untuk masuk dalam rencana-MU dan mereka bisa berbuah banyak untuk kemuliaan nama-MU.
Kami juga berdoa untuk acara Live Streaming With Ps. Obaja. Biarlah melalui acara ini, setiap jemaat sungguh-sungguh dituntun dalam kebenaran FirmanMu dan dengan pertolongan Roh Kudus setiap jemaat bisa melakukan dengan setia kebenaran FirmanMu yang disampaikan melaui acara ini. Sehingga setiap jemaat bertumbuh dalam pengenalan akan Engkau dan semakin dalam mengalami kasih karunia daripadaMu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.