*HIDUP SEPERTI DAHAN KERING KARENA MENYIMPAN HAL NEGATIF*

*HIDUP SEPERTI DAHAN KERING KARENA MENYIMPAN HAL NEGATIF*

RHEMA HARI INI
Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Saat berada dalam penjara, Nelson Mandela pernah mengalami perlakuan yang sangat kejam, bahkan pernah digantung terbalik dan dicurahkan dengan air kencing oleh seorang sipir penjara. Meskipun merasa terluka, Mandela memilih untuk menyimpan peristiwa ini dalam hatinya. Ketika Mandela akhirnya bebas dan terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan, ia memerintahkan ajudannya untuk mencari sipir penjara yang pernah menyiksanya itu dan membawanya ke hadapannya. Sipir tersebut sangat ketakutan, mengira bahwa Mandela akan membalas dendam dan menghukumnya. Namun, saat mereka bertemu, Mandela justru memeluk sipir tersebut sambil berkata, “Hal pertama yang kulakukan ketika menjadi Presiden adalah memaafkanmu. Dendam bukanlah prinsip yang aku anut. Dengan memaafkan, aku berusaha membangun negara ini, karena memaafkan selalu merupakan jalan menuju pemulihan sebuah negara.”

Yusuf bukanlah seorang pahlawan super yang menghindari kepahitan, namun ia mampu mengatasi kebencian dan kekecewaan yang datang dari saudara-saudaranya, istri Potifar, dan bahkan juru minum yang melupakan dirinya. Menyimpan perasaan pahit, kekecewaan, dan dendam hanya akan membuatnya menjadi “dahan yang mengering,” tetapi dengan memaafkan dan melupakan semua luka tersebut, ia menjadi seperti pohon yang segar dan berbuah lebat.

Pagi ini, kita diingatkan tentang pelajaran yang luar biasa, yaitu bahwa untuk menjadi pribadi yang penuh berkat dan bijaksana menurut kehendak Tuhan, kita harus memiliki jiwa yang sehat dan bebas dari kepahitan masa lalu. Dengan jiwa yang sehat, hidup kita akan lebih mudah untuk berkarya dan menghasilkan panen yang melimpah. (CG)

RENUNGAN:
Banyak orang yang jadi “DAHAN YANG MENGERING” karena terus MENYIMPAN semua yang NEGATIF di hatinya

APLIKASI
Apakah Anda tengah menyimpan perasaan kebencian atau hal negatif di dalam hati Anda?
Menurut Anda, apa akibatnya jika Anda tidak menghilangkan hal tersebut dari dalam hati Anda?
Bagaimana Anda dapat menghindari menyimpan hal-hal negatif dalam hati Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.