Tim yang utuh dan hebat

BACAAN HARI INI

Roma 12:1-8

RHEMA HARI INI

Roma 12:4-5 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

Alkisah di suatu negeri, ada seorang prajurit yang diberi tugas untuk membawa pesan bagi pasukannya di daerah musuh. Karena penjagaan musuh sangat ketat, kakinya tertembak sehingga ia tidak dapat berjalan. Untuk beberapa lama, ia berpikir keras bagaimana caranya supaya pesan itu tidak terlambat sampai. Ia memandang ke sekeliling dan matanya tertuju kepada prajurit lain yang sedang membalut kedua matanya dengan secarik kain. Prajurit yang tertembak kakinya itu pun dengan susah payah menggeser tubuhnya mendekati prajurit yang terbalut matanya itu. Sesampai di dekatnya, ia berkata, ”Kau memiliki dua kaki yang masih utuh dan sempurna, namun tidak bisa melihat. Sementara saya, memiliki penglihatan yang masih sempurna, tapi kedua kaki saya terluka. Mari bersatu dan saling menopang, supaya kita bisa sampai di tempat persembunyian dengan selamat, dan pesan di tangan saya pun bisa tersampaikan, sehingga mereka juga bisa selamat.” Singkat cerita, mereka saling menopang dan mengisi kekurangan masing-masing. Mereka pun berhasil menyelamatkan para prajurit lainnya dengan pesan khusus yang mereka bawa.

Sebuah kesatuan yang indah, bukan? Kedua prajurit dalam kisah di atas mampu saling menempatkan diri dengan kelebihan mereka masing-masing dan saling mengisi bagian yang kosong, sehingga mereka menjadi satu tim hebat yang berhasil menyelesaikan visi misi yang mereka miliki.

Sama seperti itulah Anda dalam keluarga Anda. Apa pun kondisi dan peran Anda dalam keluarga Anda, di mata Tuhan, Anda tetap memiliki peran khusus yang tidak bisa digantikan oleh yang lain. Jangan lihat apa yang tidak mampu Anda berikan, tetapi temukanlah apa yang bisa Anda berikan, dan lakukanlah itu. Maka Anda akan menemukan sebuah kebahagiaan sejati, karena Anda menjadi seperti apa yang Tuhan mau, yaitu melengkapi bagian yang memang seharusnya Anda isi. Percayalah, di mata Tuhan, Anda adalah pribadi yang sangat luar biasa!

RENUNGAN

SETIAP ANGGOTA KELUARGA memiliki PERAN YANG BERBEDA, tetapi SALING MELENGKAPI

APLIKASI

1. Peran apakah yang saat ini Anda jalani dalam keluarga Anda?
2. Sudah cukupkah Anda menjalankan peran itu, ataukah Anda merasa Anda belum berfungsi seperti yang seharusnya?
3. Apa kendala yang Anda hadapi? Tuliskan dan buatlah resolusi untuk hal itu di hadapan Tuhan!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas peran yang sudah Kau percayakan dalam hidup kami. Ajari kami untuk makin menghidupi, mengucap syukur dan mengandalkan-Mu dalam menjalankan peran kami ini, ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Korintus 5-9

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.