Penolong yang dapat dipercaya

BACAAN HARI INI

Amsal 31:10-31

RHEMA HARI INI

Amsal 31:10-11 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.

Karena melakukan kesalahan fatal, Ari dipecat dari pekerjaannya. Berhari-hari ia tidak memberitahukan hal tersebut kepada istrinya. Ia takut istrinya marah dan menceraikannya. Supaya istrinya tidak curiga, setiap hari ia keluar rumah seperti biasa. Seolah-olah ia pergi bekerja. Namun, semakin disembunyikan, Ari semakin gelisah. Akhirnya, ia memberanikan diri untuk bercerita kepada istrinya. Di luar dugaan, istrinya bukannya marah, apalagi menyalahkan. Ia malah memeluk Ari dan menyuruhnya bersabar.

Terkadang kita berpikir, karena suami adalah kepala keluarga, sudah seharusnya ia menjadi seseorang yang berwibawa dan berhati kuat. Namun, seorang suami juga manusia biasa. Terkadang mereka bisa merasa bingung dan lemah saat menghadapi tantangan besar atau kegagalan. Bukan hanya dalam keluarga, mungkin ia juga menghadapi kesulitan di tempat kerja, pelayanan atau komunitasnya. Di sinilah seorang istri harus mengerti apa yang sedang dihadapi suaminya. Sebab, saat suami berada dalam permasalahan, seorang istri harus dapat menguatkan dan membesarkan hatinya. Memberikan semangat dan mengajaknya berdoa untuk menyerahkan semua kekuatiran yang sedang dihadapi kepada Tuhan. Demikianlah istri memenuhi perannya sebagai penolong yang sepadan.

Sebagai penolong, seorang istri harus mempunyai karakter yang dapat dipercaya. Selain memiliki integritas dan kejujuran dalam menjalankan peran dalam keluarga; ia juga harus sehati, sepikir, satu kasih, satu jiwa, satu tujuan dengan suaminya. Agar ia dapat memahami suaminya dengan lebih baik dan bisa terus mendukungnya. Seperti yang disebutkan kitab Amsal, istri yang cakap adalah istri yang baik bagi suaminya. Keberadaannya mampu mengangkat kehormatan suaminya dan membuatnya terberkati. Saat seorang istri berhasil menguatkan dan membesarkan hati suaminya, maka hati suaminya akan terbangkitkan dan ia bisa mencapai potensi maksimalnya. Transformasi yang luar biasa pun akan terjadi dalam keluarga tersebut.

RENUNGAN

Sebagai PENOLONG, seorang istri bertugas untuk MENGUATKAN dan MEMBESARKAN HATI suaminya

APLIKASI

  1. Apakah Anda memahami peran Anda sebagai seorang istri?
  2. Sudahkah Anda menjadi penolong yang dapat dipercaya oleh suami Anda?
  3. Bagaimana cara Anda menguatkan dan membesarkan hati suami Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, mampukan kami untuk menjalankan peran kami dalam rumah tangga kami sesuai dengan kehendak-Mu. Sehingga kami mengalami terobosan-terobosan dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.