Peran anak dalam keluarga

BACAAN HARI INI:
Efesus 6:1-3

RHEMA HARI INI

Keluaran 20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Suasana rumah selalu membuat Regi gerah. Kapan pun ia bertemu muka dengan ayahnya, kata-kata bernada tajam keluar dari mulut mereka. Tudingan, cercaan dan keluhan. Hanya itulah bentuk komunikasi mereka selama bertahun-tahun. Kemudian, Regi mulai mengenal Tuhan secara pribadi. Ia mengalami lawatan Tuhan yang luar biasa. Hidupnya mulai berubah. Hanya saja, pertengkaran dengan ayahnya seakan tak dapat dihindari. Sampai suatu hari, ketika ia sedang berdoa, tiba-tiba Roh Kudus berbicara dalam hatinya. Memberitahunya untuk membasuh kaki ayahnya. Ia berusaha mengabaikannya, tetapi suara itu berbicara semakin kencang. Akhirnya ia mengambil baskom serta handuk kecil. Lalu ia mencari ayahnya dan mulai mencuci kakinya. Saat itu, sang ayah hanya terdiam. Baru keesokan harinya ia memanggil Regi. Untuk pertama kalinya, mereka duduk dan berbicara dari hati ke hati. Sejak saat itu, tegangan di antara mereka lenyap. Ayah Regi pun menerima Yesus. Bahkan, satu per satu anggota keluarga mereka bertobat.

Perintah Tuhan yang tertutama kepada kita, sebagai anak, adalah menghormati ayah dan ibu kita. Namun, ada kalanya orangtua kita sendiri yang membuat kita sulit mentaati ketetapan tersebut, bukan? Rasanya, lebih mudah untuk melawan mereka dan membela diri kita. Akan tetapi, suka tidak suka, itulah yang Tuhan inginkan. Jika sukar untuk menghormati orangtua kita, lakukanlah itu demi Tuhan.

Ketika kita mau melakukan apa yang menjadi bagian kita, maka sesungguhnya kita sedang membuka jalan bagi Tuhan untuk mentransformasikan keluarga kita. Biarkan melalui ketaatan kita, Tuhan bekerja menjamah hati dan mengubahkan orangtua kita. Maka, pemulihan demi pemulihan akan terjadi, dan kasih Tuhan semakin melimpah dalam keluarga kita. Keluarga kita akan menjadi semakin harmonis dan bersatu hati dalam indahnya hadirat Tuhan. Ya, kita harus mengerti, setiap kali Tuhan memberikan perintah, semua itu pada akhirnya adalah untuk kebaikan kita sendiri.

RENUNGAN:
HORMATILAH ORANGTUA kita; maka selain MEMBERKATI kita, Tuhan juga MEMBUKAKAN JALAN untuk TRANSFORMASI KELUARGA

APLIKASI:

Sudahkah Anda menghormati orangtua dalam keseharian Anda?
Mengapa kita perlu menghormati orangtua kita?
Bagaimana Anda dapat menunjukkan penghormataan Anda kepada ayah dan ibu Anda?

DOA UNTUK HARI INI:

“Tuhan, sekarang kami memahami mengapa Engkau menginginkan kami menghormati orangtua kami. Penuhilah hati kami dengan kasih-Mu, agar kami dapat menghormati mereka sebagaimana yang Engkau inginkan. Biarlah melalui ketaatan kami, keluarga kami pun boleh mengalami kasih-Mu yang mengubahkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.