Suka cita mendatangkan kesukaan

BACAAN HARI INI
Filipi 4:2-8

RHEMA HARI INI
Filipi 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

Anda tentu pernah mendengar lagu yang berjudul “S’mua Baik.” Namun, tahukah Anda bahwa selain liriknya yang sangat memberkati banyak orang, ternyata ada kisah luar biasa di baliknya? Salah satu pencipta lagu itu adalah Budi Haryanto, yang kini sudah pulang ke rumah Bapa dengan meninggalkan istri dan seorang anak. Sepanjang hidupnya, keluarga Budi adalah keluarga yang sederhana, tetapi Tuhan mengizinkan pergumulan demi pergumulan rumit menghampiri keluarganya. Anak yang Tuhan karuniakan kepada Budi dan istrinya ternyata menderita tuna rungu. Ditambah lagi, penyakit jantung Budi mengalami komplikasi sehingga ia harus menjalani terapi. Dari segi biaya, emosional, dan tenaga, tentu sangat tidak mudah bagi mereka. Namun, di tengah-tengah keadaan yang serba menekan itu, keluarlah sebuah lagu yang liriknya sudah sangat kita kenal, “S’mua baik, s’mua baik. Segala yang t’lah Kau perbuat di dalam hidupku.”

Bagi dunia, semua yang Budi dan keluarganya lalui jelas menunjukkan bahwa kehidupan mereka jauh dari kata baik. Bagaimana mungkin Budi masih bisa menyanyikan bahkan menciptakan lagu yang mencerminkan sukacita seperti itu? Ternyata, hal itu mungkin. Selama ada hati yang tetap tertuju kepada Tuhan, ada hati yang tetap belajar bersyukur, dan tetap bisa melihat kebaikan Tuhan dalam segala situasi. Sikap hati seperti inilah yang membuahkan sukacita yang tidak bisa dimengerti oleh orang dunia.

Demikan juga halnya dalam memperjuangkan transformasi keluarga. Jika kita ingin keluarga kita mengalami perubahan yang nyata, kita perlu mengupayakan agar kita tetap bisa memiliki sukacita dalam situasi dan kondisi apa pun juga. Ketika ada hati yang tetap bisa bersukacita, maka kekuatan untuk berjuang melewati masa-masa sulit pun akan timbul. Hal itulah yang akan mendatangkan transformasi pemulihan bagi keluarga Anda. Karena itu, jangan putus asa. Mintalah kekuatan dari Tuhan. Makin mendekatlah pada-Nya, karena Dia adalah sumber sukacita bagi Anda saat Anda sedang berjuang. Sampai Tuhan memberikan pertumbuhan dan perubahan terjadi bagi keluarga Anda. Haleluya!

RENUNGAN
Agar TRANSFORMASI KELUARGA sungguh-sungguh kita alami, kita harus memiliki PERJUANGAN YANG DIPENUHI SUKACITA

APLIKASI
1. Adakah permasalahan yang saat ini sedang Anda perjuangkan bagi keluarga Anda?
2. Bagaimanakah sikap hati Anda saat perjuangan Anda belum terlihat perubahan apa-apa? Adakah yang harus Anda ubah dari sikap hati Anda itu?
3. Komitmen apa yang akan Anda lakukan supaya Anda tetap bisa bersukacita di masa-masa sulit yang Anda sedang lalui? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih atas keluarga yang sudah Kau berikan bagi kami. Ajari kami untuk terus mengucap syukur atas apa yang Kau izinkan terjadi. Berikan kami kekuatan, supaya kami tetap bisa bersukacita, sekalipun tidak ada alasan untuk kami bisa bersukacita. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Roma 14-16

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.