Jangan Lari Dari Masalah

BACAAN HARI INI Mazmur 34:1-23
RHEMA HARI INI Mazmur 34:15 Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!
Pak Tono dan Bu Ida baru saja merayakan ulang tahun emas pernikahan mereka. Kelihatannya, keluarga mereka sangat harmonis dan sangat didambakan kebanyakan orang. Pernikahan mereka awet dan anak-anak mereka sudah sukses. Namun ternyata, keharmonisan yang terlihat itu hanya tampak di luar rumah saja. Di dalam rumah, mereka begitu sering bertengkar, sampai-sampai Bu Ida ingin pergi dari rumah. Namun ia selalu teringat anak-anaknya dan tidak ingin membuat mereka bersedih. Kemudian ia memilih untuk mendiamkan suaminya. Pertengkaran memang berkurang, tetapi lama-kelamaan Bu Ida merasa semakin asing dengan suaminya sendiri. Saat ia sedih dan bingung, ketua komselnya mengingatkan untuk mencari kehendak Tuhan atas rumah tangganya dan menjadi pelaku firman. Meski berat, Bu Ida mencoba untuk taat melakukan apa yang firman katakan tentang keluarga dan tentang mengatasi permasalahan. Sebulan kemudian, Pak Tono mulai berubah dan meminta maaf atas kesalahannya selama ini. Mereka pun berkomitmen untuk selanjutnya saling terbuka serta mengutamakan Tuhan di atas masalah-masalah mereka.
Meskipun saat ini kita mengalami banyak konflik dalam keluarga, jangan sampai memiliki pikiran untuk menghindar atau lari dari konflik tersebut. Janganlah kita hanya berdiam diri saja. Lakukan sesuatu untuk mengubah situasi-situasi tidak baik yang kita alami. Bagunlah hubungan yang dekat dengan Tuhan; rajin membaca firman Tuhan dengan panduan ReKA, sering mendengarkan Worship Audio dari website gereja, serta aktif dalam kelompok sel. Belajarlah dari firman Tuhan, bagaimana seharusnya menyelesaikan konflik dalam keluarga. Kemudian lakukanlah dengan taat.
Saat kita melakukan apa yang Tuhan kehendaki dalam konflik keluarga kita, Tuhan bukan hanya dapat menolong kita mengatasi permasalahan kita, tetapi Dia juga akan memberikan pertumbuhan rohani yang luar biasa. Sehingga melalui semua konflik yang ada, kita semakin dewasa di dalam Yesus. Percayalah, pemulihan pasti terjadi dan keluarga kita menjadi keluarga yang diberkati Tuhan, harmonis dan bahagia. (LEW)
RENUNGANBelajarlah untuk MENYELESAIKAN KONFLIK, sebab Tuhan menghendaki kita untuk BERTUMBUH SECARA ROHANI, bukannya LARI DARI MASALAH
APLIKASI1. Ketika mengalami konflik, bagimanakah Anda mengatasinya? Apakah Anda lari menghindari konflik?2. Apa hubungannya pertumbuhan rohani dengan penyelesaian konflik?3. Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk menyelesaikan konflik yang Anda hadapi saat ini?
DOA UNTUK HARI INI“Tuhan, Engkaulah jawaban atas setiap permasalahan kami. Engkau izinkan konflik kami alami, Engkau pula yang akan memberi jalan keluar bagi kami. Pimpin kami selalu semakin mendekat kepada-Mu lewat masalah yang kami hadapi. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”
BACAAN ALKITAB SETAHUNTitus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.