Membangun jembatan kasih dengan spirit yang menyala

BACAAN HARI INI 1 Korintus 13:1-13

RHEMA HARI INI 1 Korintus 13:1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

Ada dua orang kakak beradik yang hidup sangat rukun di sebuah desa. Mereka saling peduli, saling meminjamkan peralatan pertanian dan bahu-membahu dalam mengerjakan apa pun. Entah karena apa, suatu hari mereka terlibat pertengkaran hebat. Hubungan yang baik itu pun hancur. Suatu pagi, seorang tukang kayu yang mencari pekerjaan mengetuk pintu rumah sang kakak. Sang kakak teringat adiknya dan berkata, “Kau lihat ladang pertanian di seberang sungai sana? Ada rumah adikku di sana. Minggu lalu ia mengeruk bendungan dan mengalirkan airnya ke tengah padang rumput, sehingga kini ada sungai di antara rumah kami. Dapatkah kau membuatkan sebuah tembok kayu tinggi sehingga aku tidak perlu lagi melihat rumahnya?” Tiga hari kemudian, tiba-tiba sang kakak kedatangan si adik yang langsung memeluknya sambil berkata, “Terima kasih, kak, kau sudah membuat jembatan di sungai yang kubuat. Aku menyadari kekeliruanku dan aku bersyukur memiliki kakak yang tetap mengasihiku, meski aku telah berbuat salah dan dengan sengaja membuat sungai untuk memisahkan kita.” Ternyata, bukannya membangun tembok yang memisahkan, si tukang kayu justru membangun jembatan yang dapat menyatukan kakak dan adik tersebut.

Sadarkah Anda, bahwa ilustrasi di atas memberikan pelajaran, bahwa untuk membangun sebuah kesatuan dan kebahagiaan dalam keluarga, perlu ada seseorang yang mau bangkit dan membangun jembatan. Jembatan itu adalah KASIH. Pastikan kasih itu tetap ada dan berdiri kokoh di tengah-tengah keluarga Anda.

Jangan lupa, untuk membangun kasih itu tetap ada di antara segala perbedaan dalam keluarga, Anda perlu memiliki spirit yang kuat untuk berdiri dan memperjuangkan apa yang harus Anda perjuangkan. Karena tanpa itu semua, tidak mungkin Anda punya kekuatan untuk menemukan sesuatu yang selama ini mungkin sudah hilang di tengah-tengah keluarga Anda, untuk mencairkan apa yang selama ini beku, bahkan untuk menjadikan yang mustahil jadi mungkin. Karena itu, jangan biarkan kasih Anda menjadi dingin. Jadilah yang pertama untuk membangun ”jembatan”, dan biarlah kasih Tuhan mulai mengalir dalam keluarga Anda melalui Anda.

RENUNGAN
Jangan sampai KASIH KITA MENJADI DINGIN, kita juga butuh SPIRIT YANG MENYALA-NYALA dalam kehidupan keluarga kita

APLIKASI
1. Apakah Anda memiliki hubungan yang kurang baik atau sudah dingin dengan anggota keluarga Anda?
2. Adakah hal-hal yang bisa Anda lakukan yang menunjukkan kasih Anda yang mungkin sudah lama tidak Anda lakukan kepada anggota keluarga Anda yang lain? Tuliskan!
3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk melakukan hal itu kepada mereka? Anda bisa membagikan pengalaman Anda kepada keluarga rohani yang Anda miliki!

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih, Tuhan, atas keluarga yang sudah Kau anugerahkan kepada kami. Ajari kami untuk senantiasa memiliki kasih yang nyata dan spirit yang tetap menyala untuk berdiri bagi keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Petrus

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.