Membenahi Hubungan Dengan Keluarga

BACAAN HARI INI
Wahyu 2:1-5

RHEMA HARI INI
Wahyu 2:5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

November 1993, Kim dan Krickitt Carpenter baru saja menikah selama dua bulan ketika mobil mereka terlibat dalam kecelakaan. Sewaktu Krickitt sadar dari komanya, ia kehilangan ingatannya selama 18 bulan terakhir. Ia tidak mengenali suaminya. Ia bahkan tidak ingat bagaimana mereka bertemu, berkencan, dan menikah. Dengan hilangnya ingatan Krickitt, cintanya untuk Kim pun turut lenyap. Namun ia dan suaminya tetap memegang janji pernikahan mereka. Mereka mencoba untuk memulai dari awal. Mereka berkencan, menonton film, makan malam, dan melakukan segala hal romantis. Usaha mereka tidak sia-sia. Tiga tahun setelah kecelakaan yang merenggut kebahagiaan mereka terjadi, pasangan ini mengukuhkan kembali pernikahan mereka. Kisah cinta mereka yang inspiratif ini pun telah dibukukan dan diangkat menjadi film berjudul “The Vow”.

Tidak perlu kehilangan ingatan terlebih dahulu untuk memadamkan cinta kasih di antara dua orang yang awalnya saling mengasihi. Seiring waktu, ada banyak hal yang dapat mengikis kasih kita yang semula. Misalnya, kurangnya perhatian, banyaknya kesalahpahaman yang tak terselesaikan, dan juga pertengkaran-pertengkaran yang melukai hati. Mungkin kita merasa bahwa hubungan yang telah rusak tidak akan pernah bisa pulih kembali. Namun, tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan.

Seperti kisah pasangan di atas, Tuhan dapat mengobarkan kembali kasih yang sempat padam. Benahilah hubungan kita bersama keluarga dengan melakukan hal-hal baik yang pernah kita lakukan dan berhasil membuat kasih itu dirasakan oleh semuanya. Sekalipun terasa berat, aneh, dan canggung, tetapi semakin cepat kita berusaha, maka secepat itu rasa canggung itu akan hilang. Jika kita mau melakukan bagian kita, maka Tuhan akan menghindarkan kita dari banyak hal lebih berat yang mungkin saja terjadi dalam keluarga dan pernikahan kita. Percayalah, Tuhan bukan hanya sanggup memulihkan, Dia bahkan sanggup membuat hubungan keluarga menjadi lebih indah dari yang pernah ada.

RENUNGAN
Setelah menyadari perlunya MEMBENAHI HUBUNGAN dengan keluarga, lakukanlah HAL-HAL YANG DULU BERHASIL MEMBUAT cinta kita berkobar

APLIKASI
1. Ingat-ingatlah, hal seperti apa saja yang dahulu membuat cinta kasih dalam keluarga Anda berkobar? Masihkah Anda melakukannya?
2. Mengapa Anda perlu tetap atau kembali melakukan hal-hal tersebut?
3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk membenahi hubungan dalam keluarga dan membuat cinta itu kembali berkobar?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur atas keluarga yang Engkau berikan. Ampuni kami apabila kami lalai dalam melakukan hal-hal baik bagi keluarga kami. Tuntunlah kami, agar kami dapat melakukan hal-hal yang membuat cinta kasih dalam keluarga kami berkobar seperti dahulu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2, 3 Yohanes

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.