Ekspresi kasih dalam keluarga

BACAAN HARI INI
Ibrani 10:19-25

RHEMA HARI INI
Ibrani 10:24 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Setiap dari kita pasti senang diperhatikan. Namun, ada kalanya di mana kita menjadi terlalu sibuk dengan dunia kita sendiri, sehingga kita menjadi lupa atau bahkan enggan menunjukkan kasih sayang pada keluarga kita. Padahal, sangat penting untuk mengungkapkan perasaan sayang kita dengan perbuatan nyata, sehingga orang yang kita sayangi pun dapat merasakan kasih kita dan merasa bahwa kehadirannya penting bagi kita.

Menurut Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “Five Love Languages”, ada lima jenis bahasa kasih yang perlu diketahui setiap orang dalam sebuah hubungan. Bahasa-bahasa kasih itu adalah kata-kata manis, waktu kebersamaan yang berkualitas, pemberian hadiah, tindakan melayani, dan yang terakhir adalah sentuhan fisik. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa setiap dari kita memiliki bahasa kasih yang berbeda-beda. Sebagai contoh, seorang istri yang sudah dilimpahi banyak hadiah oleh suaminya bisa saja masih merasa bahwa suaminya belum sepenuhnya mengasihinya. Karena ternyata bahasa kasih sang istri adalah kebersamaan yang berkualitas. Ia lebih senang ketika suami pulang dari kantor bersedia meluangkan waktunya untuk duduk berduaan sambil berbincang-bincang dengannya.

Memperhatikan seseorang atau keluarga kita sendiri bisa jadi pekerjaan yang tidak mudah. Namun, bukankah kasih itu rela berkorban? Demikian pula dengan memberi perhatian, dibutuhkan juga usaha yang tidak sedikit. Baik dalam meluangkan waktu, tenaga, dan kesungguhan hati. Mungkin kita juga perlu mengalahkan ego demi menunjukkan bukti kasih kita. Meski demikian, ketahuilah, tidak akan ada yang sia-sia dalam menabur benih cinta kasih. Dengan memberikan perhatian kita, bahkan saling memperhatikan, kita akan semakin mengerti apa sebenarnya bahasa kasih yang paling dibutuhkan anggota keluarga kita. Sehingga kita pun dapat memberikan yang terbaik satu sama lain. Pada akhirnya, benih itu akan bertumbuh subur dan menghasilkan keluarga yang harmonis di dalam Tuhan.

RENUNGAN
SALING MEMBERIKAN PERHATIAN adalah bentuk EKSPRESI KASIH, karena kita sedang menyampaikan pesan bahwa ORANG ITU PENTING bagi kita

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah sungguh-sungguh memberikan perhatian pada anggota keluarga Anda?
2. Menurut Anda, mengapa kita perlu mengekspresikan kasih kita melalui tindakan nyata?
3. Bagaimana Anda dapat menunjukkan perhatian pada keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih, Tuhan, untuk keluarga yang sudah Engkau berikan pada kami. Ajarkan kami supaya kami dapat lebih lagi memperhatian setiap anggota keluarga kami dan mengungkapkan kasih kami melalui tindakan nyata. Tolong kami, ya, Bapa agar kami dapat meneladani kasih-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.