Memperhatikan kepentingan keluarga

BACAAN HARI INI

Filipi 2:1-11

RHEMA HARI INI

Filipi 2:4 dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Seorang hamba Tuhan diminta melayani di sebuah pusat rehabilitasi narkoba. Betapa terkejutnya ia saat melihat salah seorang pasien pusat rehabilitasi tersebut adalah putri semata wayang dari hamba Tuhan yang cukup terkenal. Selesai melayani, ia meminta waktu khusus bertemu dengan anak perempuan tersebut. Dari cerita anak perempuan itu, hamba Tuhan ini mengerti, salah satu penyebab anak ini jatuh dalam penyalahgunaan obat terlarang adalah karena kurangnya perhatian dari orangtuanya. Ayahnya yang sering ke luar kota untuk melayani hampir tidak pernah menanyakan perkembangan anaknya di sekolah. Bahkan, saat anaknya berprestasi, ayahnya tidak pernah memberikan ucapan selamat. Ia juga sering mendengar orangtuanya bertengkar, karena ibunya menuding ayahnya tidak peduli terhadap keluarga dan hanya peduli pada nama baiknya sebagai pendeta besar. Setali tiga uang dengan ayahnya, ibunya pun sangat sibuk dengan pekerjaan yang membuat waktunya lebih banyak di kantor daripada di rumah. Anak yang tidak diperhatikan dan memiliki kesempatan pergi keluar rumah ini, akhirnya jatuh dalam pergaulan yang salah dan menggunakan narkoba karena terpengaruh dengan teman-temannya.

Renungkan kembali sikap kita selama ini terhadap keluarga kita. Apakah kita terlalu sibuk dengan pekerjaan kita, sehingga lupa menanyakan kesehatan pasangan kita? Apakah selama ini kita terlalu sibuk dengan pelayanan kita, sehingga tidak sempat menanyakan perkembangan anak kita di sekolah? Apakah selama ini kita terlalu sibuk dengan usaha kita, sehingga masa bodoh dengan keadaan orangtua kita?

Bila tanda-tanda tidak peduli terhadap kepentingan keluarga mulai muncul, segera minta ampun kepada Tuhan dan mulailah memberi perhatian terhadap kepentingan keluarga kita. Saat kita memperhatikan kepentingan pasangan, anak, orangtua, mertua atau menantu kita, ketika itulah kasih kembali berkobar dalam keluarga kita. Kondisi keluarga kita akan Tuhan pulihkan sehingga terasa semakin indah dan menyenangkan.

RENUNGAN
Jika kita SALING MEMPERHATIKAN dan TIDAK MEMIKIRKAN KEPENTINGAN SENDIRI, maka kita tengah MENGOBARKAN KASIH DALAM KELUARGA

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa saling memperhatikan kepentingan sesama anggota keluarga bisa mengobarkan kasih dalam keluarga?
2. Apa saja kepentingan keluarga Anda yang selama ini terabaikan?
3. Apa yang Anda lakukan untuk kembali memberikan perhatian terhadap kepentingan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa Maha Kasih, mampukan kami untuk selalu memperhatikan kepentingan anggota keluarga kami, sehingga kasih semakin berkobar dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pembacaan ayat setahun
Wahyu 6-11

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.